Bupati As’at : Desa Harus Berubah
Suara Desa

Bupati As’at : Desa Harus Berubah

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Pemerintah Kabupaten Lumajang mulai melakukan berbagai terobosan aturan dan kebijakan agar Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintahan di desa semakin meningkat.  Ada tiga ranah perubahan yang harus dilakukan di desa, yaitu perubahan pola pikir, perubahan kemampuan dan  perubahan pola kerja.

“Pemerintah desa sudah waktunya berubah lebih berkualitas, apalagi undang-undang desa  juga sudah memberikan angin segar soal anggaran dari APBN yang nilainya hampir Rp 1 miliar , untuk seluruh desa di Indoensia. Pengelolaan  anggaran desa ini  harus transparan dan bisa di pertanggung jawabkan,” ungkap Bupati As’at, M. Ag.

Dikatakan, kepala desa dan aparatur di tataran pemerintahan desa, harus mampu mengusai managemen pemerinthan desa, memiliki etika moral yang baik, kemampuan fisik yang sehat, pengetahuan yang memadai , keterampilan atau skill mumpuni  agar siap melayani masyarakat.

“Kepala desa harus berubah, jangan lagi memamfaatkan kantor desa dan fasilitas negara lainya  termasuk kendaraan  inventaris untuk keperluan yang bukan pada tempatnya,” pintanya mengingatkan. FIKRI

Advertisement