Rekruitmen Panwaslu Ditangani Langsung Timsel Jatim
Politik & Pemerintahan

Rekruitmen Panwaslu Ditangani Langsung Timsel Jatim

PEDOMANINDONESIA.com – Sesuai aturan yang berlaku, anggota Panwas Kabupaten sebanyak 3 orang, panwas tingkat kecamatan 3 orang, pengawas lapangan 1 desa 1 orang, dan 1 kelurahan 1 orang. Sementara pengawas di tingkat TPS tergantung jumlah TPS.

“KPU tadi menyampaikan jumlah TPS di Lumajang sekitar 1.872 TPS. Sehingga perangkat pengawas kita tingkat TPS saja berapa. Jika dihitung sekitar 1.900 Lebih dan semuanya membutuhkan honor besar,” ungkap Sri Sugeng Pujiatmiko, pimpinan Bawaslu Jatim, saat menemui pejabat Pemkab Lumajang, belum lama ini.

Dia menjelaskan, tahapan pembentukan panwaslu kabupaten/ kota dimulai pada bulan September 2017 dan sudah harus dilantik pada bulan Agustus 2017. Jadi  prosesnya membutuhkan waktu 2 bulan. “Pada bulan Juni 2017 kita lakukan proses rekuitmen Panwas Kabupaten Lumajang beserta 18 kabupaten yang pilkadanya  serentak bersamaan dengan pemilihan gubernur. Kita akan pilih 3 orang panwas kabupaten,” ujarnya.

Dalam rekruitmen panwas ini, pihak  pemerintah kabupaten tidak dilibatkan. Pasalnya sudah ada tim seleksi (timsel) di tingkat provinsi yang jumlahnya sebanyak 5 orang. Mengenai pengumuman rekruitmen tersebut, pihaknya, ungkap Sri Sugeng, meminta bantuan kepada Bangkesbang  Pemkab Lumajang.

“Kita hanya meminta tenaga PNS yang nantinya akan diperbantukan di sekretariat panwas kabupaten. Sesuai sesuai dengan peraturan menteri ada 5 orang PNS di tingkat kabupaten untuk secretariat, juga PNS 2 orang di tingkat kecamatan. Jadi, pengawas kecamatan nanti dibantu oleh 2 PNS dari pemerintah kabupaten,” katanya.

Dia menambahkan, materi tes untuk panwaslu antara lain tes administrasi, tes tulis, dan wawancara. Mereka yang lolos seleksi administrasi maka berhak untuk mengikuti tes berikutnya yakni tes tulis. Jika lolos tes tulis bisa langsung tes wawancara.

“Tim seleksi nanti akan menyaring menjadi 6 orang untuk diserahkan ke kita, Banwaslu  Provinsi. Nah, baru kita nanti melakukn fit and proper test terhadap 6 orang itu untuk dipilih menjadi 3 orang,” selorohnya. SYAM

Advertisement