Subhan Nasdem : Mahar Calon Bupati Cenderung Korupsi
Politik & Pemerintahan

Subhan Nasdem : Mahar Calon Bupati Cenderung Korupsi

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Ketua DPC Partai Nasdem, M. Subchan, menyampaikan, rencananya saat ini Ketua Bappilu akan menyampaikan hasil rapat DPW Partai Nasdem terkait pilkada 2018.

“Setelah itu tanggal 24-31 Juli 2017 pembukaan pendaftaran calon bupati. Nanti disampaikan di rapat,” ujarnya, Jum’at (21/7).

Menariknya, pendaftaran dilakukan secara terbuka tanpa mahar (mas kawin/ seserahan). Menurutnya, aturan tersebut sudah digariskan oleh DPP Partai Nasdem dengan tujuan agar nantinya bupati terpilih tidak berpikir mengembalikan biaya pencalonan.

“Murni gratis tanpa mahar-maharan. Kalau pake mahar nanti dia sibuk mencari jalan pintas mengembalikan itu. Kalau sudah begitu dia akan cenderung korupsi, tidak punya tanggung jawab moral membesarkan partai apalagi memikirkan masyarakat,” ujar mantan Ketua Umum Ansor Lumajang ini.

Dia menambahkan, dalam proses pendaftaran, bakal calon mengambil formulir yang disediakan DPD Partai Nasdem Lumajang. Seminggu setelah itu, formulir yang sudah diisi dikembalikan ke DPD. Kemudian Tim Penjaringan DPD melakukan pembahasan dan  survey kepada masyarakat siapa dari calon itu yang disukai dan dipilih.

“Baru setelah itu diusulkan ke DPP lewat DPW dari nama-nama yang masuk itu. Kita pengurus DPD hanya bisa mengusulkan. Tapi yang menentukan tetap nanti DPP Partai Nasdem. Mungkin  Desember 2o17 sudah ada ketetapan dari DPP,” imbuhnya. SYAM

 

 

Advertisement