Advertisement
Sasaran Tembak BUMDes Harus Jelas
Suara Desa

Sasaran Tembak BUMDes Harus Jelas

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Pada prinsipnya, mayoritas desa di Lumajang, Jawa Timur, sepakat dan mendukung terbentuknya BUMDes. Namun,dalam prakteknya perlu ada sosialisasi kembali secara intensif, bahkan kalau perlu Pemerintah Kabupaten Lumajang mendengar masukan, kesulitan, dan keluhan para kades. Sebab, sebagian dari mereka melihat BUMDes dari sisi yang berbeda.

“Intinya, ketika kita diajak mendirikan BUMDes oke-oke saja. Kita senang-senang saja. Tapi kemudian perlu dicari sasaran BUMDes ini kudu digoleki (dicari, Red). Dan kalau sudah berdiri harus berjalan. Sasaran tembaknya harus jelas”, ujar Suhanto, Kades Kebonagung, Sukodono, Lumajang, Rabu (30/8).

Dirinya, kata Suhanto, tidak mau latah (ikut-ikutan) agar BUMDes yang didirikan tidak mubadzir. Kalau sudah ada BUMDes, kemudian bisakah memasarkan produk-produk yang ada?

“Nanti salah satu problemnya di situ. Apanya yang mau di BUMDes-kan? Bisakah kita memasarkan? Apakah masyarakat desa yang punya usaha dan sudah berjalan bertahun-tahun lamanya mau di BUMDes kan?,” ungkapnya dengan nada bertanya.

Di Desa Kebonagung sendiri ada banyak potensi, misalnya kerajinan batu merah, batik tulis, dan pembibitan sengon. FIK

Advertisement