Advertisement
Lumajang Nobar Film Penghianatan G30 S/PKI
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Lumajang Nobar Film Penghianatan G30 S/PKI

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com– Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sebagaimana diberitakan di berbagai media, menginstruksikan jajarannya menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI.

Untuk itu, Danrem 083 Baladhika Jaya Kolonel Inf. Bangun Nawoko didampingi Dandim Lumajang Letnan Kolonel Czi Agus Iskarman, SE, di Makodim 0821 Lumajang, mengajak masyarakat untuk nonton bareng di semua wilayah jajaranya.

“Malam ini nobar di Halaman Makodim 0821 Lumajang. Sesuai perintah panglima, kami akan nobar dengan konsep yang nyaman. Nanti prajurit TNI akan berbaur dengan masyarakat. Jadi acara ini sangat terbuka untuk umum ,” ungkapnya kepada sejumlah media, didampingi Dandim Lumajang.

Pria asal Temanggung ini sependapat dengan atasannya, bahwa pemutaran film itu penting untuk mengenalkan kembali sejarah bangsa. Diharapkan, kejadian serupa tidak akan terjadi kembali pada masa mendatang, apalagi sejarah itu menakutkan, sangat kelam, dan menyakitkan.

“Masyarakat banyak yang meminta ulang pemutaran film itu. Masyarakat masih peduli pada sejarah yang sangat kelam dan berharap tidak lagi terjadi lagi kejadian serupa,” paparnya. Ditegaskan, dalam pemutaran film tersebut tidak perlu hura-hura. Cukup digelar sederhana.

Sejak pemberitaan nobar film G 30 S/PKI, tidak sedikit permintaan masyarakat kepada Babinsa. Untuk itu, jajaran Koramil dan Kodim diperintahkan untuk memfasilitasi keinginan tersebut.

Danrem Bangun Nawoko juga memberikan apresiasi positif atas antusiasme masyarakat Lumajang yang meminta nobar pemutaran ulang film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’.

“Banyak permintaan dari RT/RW, para kiai, tokoh masyarakat. Oleh karena itu, Kodim hingga Koramil kita minta membantu menyiapkan segala sesuatunya,” selorohnya.

Terkait dengan pengamanan dan kenyamanan nobar, pihaknya meminta jajarannya untuk selalu bersinergi dengan kepolisian di wilayahnya masing-masing.

“Pihak kepolisian akan dilibatkan demi keamanan dan ketenangan nobar. “Kami ingin tercipta suasana nyaman. Nobar santai sambil menikmati gorengan, polo pendem, ngopi,” imbuhnya. FIK

Advertisement