Advertisement
Petik Laut Muncar Ungkapan Rasa Syukur Nelayan
Pariwisata

Petik Laut Muncar Ungkapan Rasa Syukur Nelayan

BANYUWANGI, PEDOMANINDO.com – Ribuan masyarakat Banyuwangi, Kamis (5/10), memenuhi Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mengikuti ritual petik laut yang diadakan setiap setahun sekali, tepatnya pada 15 Syuro kalender Jawa atau 15 Muharram penanggalan Islam.

Pada puncak acara para nelayan mengarak sesaji dari rumah tokoh masyarakat ke Tempat Pelelangan Ikan Muncar (TPI). Sesaji yang diarak diletakkan di Gitik atau perahu kecil yang memiliki panjang 5 meter. Di dalamnya berisi berbagai macam kue, buah-buahan, dua ekor ayam yang masih hidup serta kepala kambing dan pancing yang terbuat dari emas.

 

Setelah diarak keliling kampung, gitik dipindahkan ke salah satu kapal dan dibawa ke tengah lautan lepas diiringi dengan puluhan kapal slerek milik nelayan Muncar. Kapal tersebut dihiasi dengan ornamen-ornamen indah serta dilengkapi dengan sound system.

Masyarakat pun sudah menunggu di masing-masing kapal untuk mengikuti tradisi larung sesaji. Sekali komando, puluhan kapal tersebut menuju ke Plawangan sebuah lokasi berair tenang di dekat Semenanjung Sembulungan.

Setelah doa dipanjatkan, sesepuh nelayan melarung sesaji di dalam gitik ke laut lepas. Sesaat setelah sesaji di larung, puluhan nelayan ikut terjun ke laut untuk mengambil sesaji seperti buah-buahan agar mendapatkan berkah.

Mereka juga menyiramkan air laut yang dilewati sesaji ke badan perahu. “Air laut dipercikkan ke perahu dengan harapan semoga berkah dan dijauhkan dari malapetaka selama kami melaut mencari ikan,” jelas Akhmad, Ketua Panitia Pelaksana kepada PedomanIndonesia.com.

Sementara untuk kepala kambing dan pancing emas tetap dibiarkan di lautan lepas. Kemudian arak-arakan perahu tersebut bergerak ke Sembulungan, semenanjung kecil di tengah perairan laut Muncar untuk menikmati suasana pantai sambil istirahat.

Sebetulnya, sejumlah daerah di Jawa Timur juga menggelar ritual sedekah laut pada bulan Muharam. Namun yang terbesar ada di Muncar. “Karena Pelabuhan Muncar merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Jawa Timur,” ujarnya. SOF

Advertisement