Sofi : Aba Rofik Direkom Partai Demokrat Itu Isu
Politik & Pemerintahan

Sofi : Aba Rofik Direkom Partai Demokrat Itu Isu

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Kabar yang beredar bahwa DPP Partai Demokrat telah merekom H. Rofik Abidin sebagai Cabup Lumajang Periode 2018-2023, hanya isu.

Hal ini disampaikan Drs. Mochammad Sofi, Sekretaris Umum DPC Partai Demokrat Lumajang, Senin (27/11) siang. Dia menjelaskan, informasi yang berkembang memang rekom tersebut jatuh kepada H. Rofik Abidin. Namun, DPC Partai Demokrat Lumajang hingga kini belum mendengar informasi secara resmi dari DPP.

“Selama DPC belum ada pemberitahuan secara resmi, maka saya anggap kabar itu masih isu, apalagi sampai detik ini tidak ada kabar rekom itu turun ke siapa. Kita belum menerima rekom itu”, ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Lumajang ini menegaskan, Partai Demokrat punya mekanisme sendiri untuk merekom cabup maupun cawabup. Saat ini proses rekomendasi tersebut masih digodok oleh DPP. Salah satu yang diinginkan Partai Demokrat, ungkap Sofi, adalah posisi cabup atau cawabup harus dari Partai Demokrat.

“Kalau cabupnya dari partai lain maka wabupnya wajib dari Demokrat. Rekomnya, pun ndak bisa hanya secara lisan, harus tertulis dari DPP Partai Demokrat”, ungkapnya. Nama-nama cabup dan cawabup Lumajang yang menjadi pembahasan di tingkat DPP, kata Sofi, antara lain ; Thoriqul Haq, Imcumbent As’at, Indah Amperawati, dan Rofik Abidin.

Sofi tidak berani memastikan kapan rekomendasi tersebut diturunkan. Tapi yang jelas sebelum pendaftaran ke KPU, rekom akan diberikan. “Tergantung DPP. Bisa besok, bisa sebulan lagi, apa kata DPP. Yang pasti sebelum pendaftaran ke KPU sudah bisa dipastikan rekom sudah turun”, tukasnya.

Sekedar diketahui, beberapa kalangan sempat menyampaikan ke redaksi pedomanindonesia.com, bahwa rekom Cabup Lumajang sudah diberikan DPP Partai Demokrat kepada H. Rofik Abidin. “Rekomnya ke Aba Rofik Pak. Tapi secara resmi masih belum. A1 ini, pak,” ujar sumber yang enggan disebutkan identitasnya.

Namun, setelah dikonfirmasi ke Sekum DPC Partai Demokrat Lumajang, Mochammad Sofi, kabar tersebut dianggap sebatas isu.

Perlu dipahami, Pilkada Lumajang akan digelar pada tahun 2018. Beberapa nama partai pengusung cabup H. Rofik antara lain PPP (2 kursi), Nasdem (5 kursi), PKS (3 kursi) Partai Golkar (5 kursi). Jumlah 15 kursi dan rekom sudah turun).

Partai pengusung imcumbent Drs. As’at antara lain PDIP (10 kursi, rekom belum turun), PAN (3 kursi, rekom diajukan ke DPW dan DPP), jumlah 13 kursi. Pengusung Indah Amperawati Gerindra (5 kursi) rekom belum turun.

Pengusung Thoriqul Haq PKB (9 kursi, rekomendasi belum turun). Sementara Demokrat (6 kursi, menunggu rekom dari DPP) dan Hanura (2 kursi, rekom diajukan ke DPP). SYAM

Advertisement