Peringati Hari AIDS Sedunia Galang Dana Korban Bencana Pacitan
Komunitas Pendidikan dan Agama

Peringati Hari AIDS Sedunia Galang Dana Korban Bencana Pacitan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Momentum peringatan hari AIDS sedunia disambut dengan aksi simpatik oleh sekitar 50 pelajar yang tergabung dalam Satuan Petugas Gerakan Anti Napza Smaga dan Palang Merah Remaja Smaga (Palmagita).

Mereka menggelar orasi dan menyebar stiker berisi tentang pencegahan penyebaran HIV-AIDS kepada para pengguna jalan yang melintas di depan Kantor Pemerintah Daerah Lumajang, akhir pekan kemarin.

“Dalam aksi ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Lumajang bahwa setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia,” ujar Achmad Yazid, Kordinator aksi.

Momen ini, terang dia, dimanfaatkan Satgas Ganas dan Palmagita untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanggulangan HIV-AIDS. “Kita tidak boleh diskriminasi terhadap para orang mengidap HIV/AIDS (ODHA). Karena yang kita jauhi itu virusnya, bukan orangnya,” terangnya.

Sementara itu Ahmad Rizal Afrian, Ketua Palmagita, mengungkapkan, aksi ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran HIV-AIDS. Pasalnya, saat ini, penderita HIV-AIDS kebanyakan usia produktif termasuk pelajar. Penyebabnya bisa diakibatkan hubungan seksual dan penggunan narkoba jarum suntik.

Diakhir acara aksi memperingati Hari AIDS Sedunia, Satgas Ganas dan Palmagita menggalang dana untuk membantu korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan.

“Aksi penggalangan dana ini diadakan di akhir acara. Alhamdulillah dari aksi penggalangan dana yang dilakukan di sela-sela peringatan Hari AIDS Sedunia terkumpul Rp. 1.654.500.  Dana ini kami salurkan melalui Posko bantuan banjir dan tanah longsor yang dibuka oleh MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pacitan”, ujaranya.

Mereka mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Lumajang yang telah membantu semoga dana ini dapat meringankan beban para korban bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan yang terjadi beberapa hari yang lalu,” ujar siswa kelas XII tersebut. YOP

 

 

Advertisement