Bupati dan Forkopimda Ziarah Ke Situs Biting Kutorenon Sukodono Lumjang
Pendidikan dan Agama Politik & Pemerintahan

Bupati dan Forkopimda Ziarah Ke Situs Biting Kutorenon Sukodono Lumjang

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Bupati Lumajang bersama Wabup Buntaran, Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Kepala OPD di lingkup Pemda Kabupaten Lumajang, Kamis pagi (14/12/2017), melakukan ziarah ke Petilasan Arya Wiraraja, di Situs Biting, Dusun Biting, Kutorenon Sukodono Lumajang.

Ziarah tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 762 selain acara yang bersifat hiburan. Melestarikan budaya ziarah sebagai bentuk penghargaan kepada para leluhur dan tokoh pendiri Kabupaten Lumajang.

Dalam acara itu, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag, bersama Forkopimda Lumajang dan Jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang membaca doa dan tahlil mendoakan arwah para leluhur Lumajang.

Bupati  menyampaikan, keberadaan Petilasan Arya Wiraraja merupakan bukti sejarah adanya kerajaan Lumajang jaman dulu. Bupati meminta kepada pengurus makam agar merawat dengan baik.

“Kalau kita rawat dengan bagus akan menjadi wisata relegi yang baik. Jadi mana yang harus diperbaiki sudah seharusnya diperbaiki”, pungkasnya.
Warga Lumajang, kata Bupati As’at, sudah seharusnya mengetahui sejarah Kerajaan Lumajang jaman dulu. Ia mengutip perkataan Ir. Soekarno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah bangsanya”, tuturnya.

Bupati mengingatkan kepada para peziarah bahwa setiap orang pasti meninggal baik pejabat maupun masyarakat biasa. “Jangan terlalu tinggi memposisikan diri di hadapan orang lain”, pesannya.
Ketua panitia yang sekaligus pengurus makam, Khusnan, S.Pdi, melaporkan, kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Harjalu ke 762 yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Mudah-mudahan jadinya Kota Lumajang mengarah kepada kota yang berkah, sejahtera. Pejabat dan pemerintahnya masuk surga”, tuturnya. DIN

Advertisement