Lampu Merah Cokroaminoto Dikeluhkan, Satlantas Minta Sabar
Peristiwa

Lampu Merah Cokroaminoto Dikeluhkan, Satlantas Minta Sabar

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Lampu merah/ Traffic light di Jalan Cokroaminoto, Kota Lumajang, Jawa Timur, bukan malah membuat lalu lintas semakin lancar. Keberadaan mampu merah tersebut justeru menjadi biang kemacetan lalu lintas, apalagi pada jam berangkat dan pulang kerja/ sekolah pagi, siang, dan sore hari.

Hal ini dikeluhkan beberapa pengguna jalan, salah satunya dari Yahya. Pria yang sehari-harinya melintas di jalan ini, mengatakan, kondisi ini terjadi karena mobil berhenti persis berada di tikungan jalan, sementara lampu yang dipasang di depan Naga Sell hanya berfungsi sebagai rambu-rambu untuk pelan/ behati-hati. Ditambah lagi traffic light tersebut berada di simpang lima.

“Saya mau tanya ke pihak dan polantas, ini rekayasa lalu lintas apa rekayasa kemacetan?”, ujar Yahya, Minggu (17/12) pagi. Dia menyampaikan, sebelum ada lampu merah sepanjang jalan Cokroaminoto tidak pernah macet, tidak ada kecelakaan, dan pengguna jalan tertib. Namun, setelah ada lampu merah kemacetan mulai terjadi, bahkan mereka yang memiliki rumah di seputar jalan itu kesulitan ketika hendak mengeluarkan kendaraannya.

“Kalau ndak percaya coba pihak dishub, polantas atau pejabat dinas terkait di pemkab lewat jalan itu”, ujarnya dengan mimik serius. Dia memberikan masukan agar salah satu jalan di simpang lima yang direkayasa untuk jalan terus. Atau penerapakan traffic light ini dikaji ulang.

Atas keluhan tersebut, Kasatlantas Polres Lumajang, melalui Kanit Dikyasa Ipda Dimas SW. SH, menyampaikan, pemasangan traffic light ini sudah melalui koordinasi dengan pihak dishub. “Yang ngatur traffic light itu pihak dishub. Sudah ada koordinasi dan komunikasi dengan kita”, ujarnya. Disadari, setiap traffic light yang posisinya di simpang lima akan menimbulkan sedikit kendala karena jalannya harus bergantian.

“Memang begitu. Makanya perlu kesabaran pengendara untuk antri. Solusinya budayakan antri, berhenti sebentar”, ungkapnya. Ditambahkan, jika ada keluhan warga menyangkut lalu lintas, maka ada forum lalu lintas yang akan membahasnya. Dalam forum tersebut berbagai kendala di lapangan dibahas, didiskusikan, dan dikaji. “Kita perhatikan keluhan tersebut sambil kita terus menyesuaikan perkembangan yang terjadi. Yang penting itu tadi, pengendara sabar saat di lampu merah,” tukasnya. SYAM

Advertisement