Advertisement
Komnas Pendidikan Lumajang Siap Kawal Dan Awasi Pendidikan di Daerah
Komunitas Pendidikan dan Agama

Komnas Pendidikan Lumajang Siap Kawal Dan Awasi Pendidikan di Daerah

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sudah terbentuk dan pada hari ini, Rabu (20/12), digelar pertemuan di sebuah Rumah Makan Petahunan, Lumajang dengan Para Pengurus Komnas Pendidikan Jawa Timur.

Komnas Pendidikan ini berkomitmen membantu pemerintah dalam hal pelayanan pendidikan, memajukan pendidikan, mengawasi, dan mengkritisi pelaksanaan pendidikan.

“Selama ini kita melihat anak-anak kita luarnya bagus tapi dalamnya rapuh. Tugas kita di sini ikut dan terlibat memperbaikinya”, ungkap Ketua Komnas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, Kunjung Wahyudi.

Dikatakan, Komnas Pendidikan ini sebagai pengawas ekternal mulai dari PAUD, TK, SD/ MI hingga Perguruan Tinggi, pendidikan negeri, swasta maupun pendidikan di pesantren.

“Dan yang perlu digaris bawahi Komnas Pendidikan bersifat independen, tidak berafiliasi dengan partai politik, tidak dapat anggaran dari APBN maupun APBD,” ujarnya. Adapun tugas dan pengawalan yang dilakukan salah satu contohnya menyangkut dana BOS, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan lain-lain yang berkenaan dengan dunia pendidikan.

Apabila dalam melakukan tugasnya Komnas Pendidikan menemukan kejanggalan atau temuan negatif menyangkut pendidikan tidak serta menyalahkan dan menjustifikasi. “Kita bukan eksekutor, tidak mengeksekusi, tapi sebagai mediator. Kalau tetap tidak bisa dimediasi maka akan diserahkan ke pihak berwajib”, paparnya.

Komnas Pendidikan ini juga menerima dan menindak lanjuti pengaduan masyarakat terkait ketidak beresan pendidikan, baik yang sudah menjadi viral di medsos maupun laporan yang langsung masuk ke Komnas Pendidikan.

“Pengaduannya, pun harus jelas. Kalau dari medsos kita konfirmasi bersangkutan. Jika pengaduan, si pengadu harus jelas meskipun kita menjaga sumber tersebut”, katanya.

Tentu saja, kehadiran Komnas Pendidikan Kabupaten Lumajang, kata Kunjung, ada yang senang ada pula yang meragukan. “Kalau itu yang terjadi biarkan saja.Yang penting jalankan Komna Pendidikan ini dengan benar sesuai AD/ ART”, selorohnya.

Dia mengingatkan agar Komnas Pendidikan ini tidak melenceng dan bisa bekerja sama dengan pihak manapun yang punya komitmen membenahi dunia pendidikan di Indonesia. DIN

Advertisement