13 Program Unggulan Cabup Cawabup Aba Rofik – Nurul Huda
Politik & Pemerintahan

13 Program Unggulan Cabup Cawabup Aba Rofik – Nurul Huda

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Dalam sambutannya, H.Rofik Abidin, cabup Lumajang periode 2018-2023, pada saat deklarasi, di Kantor Partai Golkar, menyampaikan 13 program unggulan. Ke 13 program unggulan ini merupakan perwujudan dari visi dan misinya.

Visinya adalah “Mewujudkan Lumajang Baru, Masyarakat Makmur, Berakhlak Luhur“.

Sedangkan missinya antara lain : Meningkatkan kualitas aparatur pemerintah dan masyarakat yang berbudi luhur, agamis, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kemampuan berwirausaha berbasis potensi sumber daya wilayah.

Kedua, meningkatkan daya saing perekonomian daerah berbasis pertanian, pariwisata, industri manufaktur yang relevan (sesuai) dengan potensi daerah dan iklim investasi dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Ketiga, mewujudkan ketertiban hukum, keamanan dan keadilan yang merata, tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien, infrastruktur yang merata dan berkualitas, pemberdayaan perempuan dan pemuda, serta kesejahteraan sosial yang berkeadilan.

Berikut ke 13 program unggulan yang disampaikan Aba Rofik Abidin didampingi Ir. Nurul Huda :
1. Melakukan sosialisasi visi dan misi untuk mewujudkan Lumajang Baru, Masyarakat Makmur, Berakhlak Luhur bagi seluruh aparatur pemerintah mulai tingkat RT, RW,desa/kelurahan, kecamatan, seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Lumajang dengan tujuan “Melanjutkan program yang baik, mewujudan program yang lebih baik, mewujudkan program yang lebih hebat menuju Lumajang baru, masyarakat makmur, berakhlak luhur”.

2. Mewujudkan pimpinan OPD (sebelumnya bernama SKPD), camat, dan kepala desa yang agamis, visioner, kreatif dan inovatif dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada bidang berbasis teknologi informasi, bertanggung jawab serta membuka layanan pengaduan masyarakat 24 jam secara online dibawah koordinasi wakil bupati Lumajang.

3. Peningkatan standar faslitas kesehatan puskesmas dan RSUD serta pelayanan kesehatan gratis kelas 3 yang berkeadilan bagi guru ngaji, guru diniyah, marbot masjid, dan ibu melahirkan serta pelayanan general check up kesehatan gratis bagi tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan ormas keagamaan dan kepemudaan, pimpinan LSM dan pimpinan organisasi kemahasiswaan.

4. Mewujudkan biaya pendidikan yang murah dan terjangkau pada semua jenjang dan jenis pendidikan, penambahan tunjangan khusus bagi guru non PNS (guru tidak tetap, guru ngaji, guru diniyah) dan peningkatan kesejahteraan pegawai baik PNS, honorer serta RT/RW. Bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri untuk mendirikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kabupaten Lumajang serta pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, bagi tokoh perempuan dan pemuda pada PTN dalam dan luar negeri.

5. Pengembangan ekonomi kreatif bagi pengusaha kecil dan menengah yang fokus pada usaha kuliner, fashion, dan kerajinan. Menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) sebagai lembaga strategis yang mengelola usaha-usaha di pedesaan dan pengembangan 21 desa swasembada/ mandiri berbasis ekonomi syariah.

6. Pengembangan sentra industri manufaktur berdasarkan potensi bahan baku di wilayah Lumajang melalui kerja sama BUMD, BUMN dan swasta di bidang pengan, energi, pertanian, perkebunan, dan pasir Lumajang.

“Ketujuh, pengembangan destinasi wisata ke dunia internasional (minimal 2 lokasi wisata), nasional dan lokal minimal 5 lokasi wisata serta pengembangan kawasan situs-situs bersejarah”, ujar Aba Rofik, panggilan karibnya.

8. Pembinaan kelompok kesenian asli Lumajang, organisasi pelestari dan pengembangan budaya Lumajang dengan mengalokasikan dana pembinaan setiap tahun, melaksanakan festival seni dan budaya lumajang secara rutin setiap tahun.

9. Penyediaan jasa konsultasi dan penyuluhan secara gratis baik dilakukan online atau di setiap kecamatan di bidang hukum dan pertanahan, strategi pengembangan ekonomi syariah dan ekonomi kreatif, serta bidang penerapan teknologi tepat guna pedesaan.

10. Pembangunan, rehabilitasi dan pengembangan infra struktur jalan dan jembatan, penerangan jalan umum (PJU), penyediaan air bersih dan listrik secara merata dan berkeadilan sampai pelosok desa, pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terpadu dengan pusat panggung seeni di setiap kecamatan Kabupaten Lumajang.

11. Pendirian BLK (Bali Latihan Kerja) berstandar nasional dan internasional untuk mendukung potensi dan daya saing tenaga kerja masyarakat Lumajang.

12. Memasang CCTV di semua kantor desa/ kelurahan, kantor kecamatan, dan semua jalan strategis di wilayah rawan terjadinya kejahatan ( kekerasan, pembunuhan, pencurian, perampokan).

13. Penyediaan makam khusus bagi masyarakat nonmuslim, menyediakan 1 unit gedung bersama sebagai tempat diskusi dan berkreasi nyata di bidang ekonomi, seni dan budaya Lumajang bagi semua umat beragama untuk membangun kerangka kebersamaan dan cita-cita NKRI.

“Tentu saja program-program ini bisa terwujud dan dilaksanakan apabila didukung oleh seluruh pihak. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Lumajang bersama kami pasangan Rofik-Nurul “, ujar mantan Ketua PCNU Lumajang ini. SYAM

Advertisement