ASN Dihimbau Salurkan Zakat Melalui Baznas
Pendidikan dan Agama

ASN Dihimbau Salurkan Zakat Melalui Baznas

LUMAJANG – PEDOMANINDONESIA.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dihimbau menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Lumajang. Himbauan ini disampaikan Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M. Ag, saat rapat kerja BAZNAS, di Pendopo Kabupaten, Senin, (29/01/).

Dalam sambutannya, Bupati As’at menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Lumajang, karena terlibat langsung menyejahterakan masyarakat melalui upaya pengentasan kemiskinan. Meskipun demikian, Bupati menyadari banyak kekurangan Baznas yang perlu dibenahi dan dievaluasi.

“Program Satu Rumah Satu Sarjana (SRSS) merupakan salah satu Program BAZNAS di bidang Pendidikan yang harus dilanjutkan”, ujarnya. Program ini Baznas telah menyalurkan kepada 20 putra-putri terpilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S1 gratis (mulai pendaftaran kuliah hingga lulus S1).

Oleh karena itu Bupati berpesan agar seluruh PNS menyalurkan zakat dari penghasilanya melalui BAZNAS Lumajang. Disampaikan, pertengahan Pebruari 2018, dirinya akan cuti selama 4 bulan untuk mengikuti rangkaian Pilkada Lumajang sesuai dengan aturan pilkada,  bahwa calon Bupati incumbent harus mengajukan cuti.

Maka dari itu, Bupati Asat mengajak seluruh undangan untuk tetap menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan. Sebelum mengakhiri sambutannya, bupati menyampaikan tidak akan ada perombakan di Pemerintahan Kabupaten Lumajang pascacuti. “Tidak akan ada perombakan dalam pemerintahan selama saya cuti”, ujarnya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Lumajang Drs. H. Affandi Latif, MH, menyampaikan, pada tahun 2017 pemasukan Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) terkumpul sebesar Rp 4, 571 miliar. Dibandingkan tahun 2016, hasil pengumpulan ZIS mengalami penurunan hingga 100 juta karena PNS banyak yang pensiun. DIN

Advertisement