H. Rofik dan Nurul Huda Siap Bantu Total Kelompok Penyandang Disabilitas
Pendidikan

H. Rofik dan Nurul Huda Siap Bantu Total Kelompok Penyandang Disabilitas

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Selama ini, kelompok penyandang disabilitas di Lumajang merasa belum banyak mendapat perhatian dari pemerintah.

Hal ini sampaikan mereka saat bertemu dengan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, H. Rofik SH dan Ir. Nurul Huda, di LSC Lumajang.

“Kalau mau ada kegiatan sangat sulit untuk mendapatkan bantuan. Penyandang disabilitas jangan dikotak-kotakan. Jangan hanya yang teman ngopinya saja yang diperhatikan,” kata Hadi Warsito, salah satu penyandang disabilitaS di hadapan H. Rofik dan Ir. Nurul Huda.

Lembaga pendidikan untuk disabilitas juga menyampaikan, selama ini lembaga pendidikan untuk penyandang disabilitasi hanya mengandalkan dana BOS dari pemerintah, termasuk untuk gaji para pendidikannya.

“Untuk gaji para pengajar selama ini dimbilkan dari dana BOS yang kami terima,” kata salah seorang guru SLB.

Ketika Aba Rofik menanyakan apakah selama ini sudah ada bantuan dari pemerintah terhadap para penyandang disabilitas ini, para tenaga pendidik yang berasal dari sebuah sekolah luar biasa swasta di Tekung Lumajang menjawab bantuan dari pemerintah sangat minim.

Menjawab sejumlah persoalan ini H. Rofik menyebut kelompok penyandang disabilitas ini harus diperlakukan sama dengan masyarakat normal lainnya.

Ada sarana yang memadai agar mereka memiliki kemudahan. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus, sarana dan prasarana khusus sesuai dengan kebutuhan.

“Salah satu contoh, di Pendopo seharusnya ada jalan khusus diberikan kepada penyandang disabilitas. Semua sarana umum harus memberikan kemudahan akses sehingga mereka merasa nyaman dimanapun”, ujar H. Rofik kepada sejumlah awak media.

Oleh karena, H. Rofik, berkomitmen membantu secara total mereka jika diamanahi sebagai bupati bersama Ir. Nurul Huda sebagai wakil bupati “Sudah seharusnya, kelompok ini mendapatkan perhatian total”, ugkapnya. DIN

Advertisement