Minta Direkonstruksi, dr. Buntaran Minta Bupati Terpilih  Merawat Cagar Budaya
Pariwisata Peristiwa

Minta Direkonstruksi, dr. Buntaran Minta Bupati Terpilih Merawat Cagar Budaya

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Plt Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M. Kes, turun langsung meninjau Situs Biting, di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Lumajang, Jawa Timur, yang rusak akibat longsor erosi aliran Sungai Bondoyudo, beberapa hari lalu.

Situs Biting (Bastion) sebelum ambruk.

Saat turun ke lokasi, kondisi situs biting yang berada di persawahan, masih becek akibat hujan. Buntaran didampingi pihak Kepala Disparbud, Kepala Dinas PU, Kahumas, dan Kepala BPBD beserta para stafnya.

Usai melihat kondisi situs, kepada sejumlah awak media, Buntaran menyampaikan agar dinas terkait mengatasi kondisi tersebut sehingga kerusakannya tidak berdampak semakin luas.

“Untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah, saya minta agar kawasan ini diberi tanda sehingga masyarakat juga tahu dan ikut merawat situs tersebut”, pintanya.

Dijelaskan, anggaran untuk perawatan situs-situs di Lumajang belum menjadi prioritas pemerintah kabupaten.Untuk itu, kedepan situs situs ini perlu mendapat perhatian serius.

“Saya berharap ke depan Bupati Lumajang terpilih bisa membuat program dan pendanaan sehingga perawatan situs dapat tertangani dengan baik,” ujar mantan aktivis kampus ini.

Kondisi Situs Biting (Bastion) setelah ambruk.

Untuk penanganan awal, Buntaran meminta Kepala Disparbud Lumajang segera berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur serta Badan Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur untuk segera merekontruksi oleh tim ahli bukan tenaga ahli.

“Ini peninggalan bersejarah dan harganya mahal dan tidak bisa ditukar dengan uang, berapapun nilainya”, tukasnya. SYAM

Advertisement