Beras Misterius Bergentayangan, Dari Siapa?
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Beras Misterius Bergentayangan, Dari Siapa?

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Warga Desa Wotgalih Yosowilangun, Lumajang, beberapa hari ini mencium aroma beras ‘siluman’. Sebagian penerima mengaku beras tersebut berasal dari salah satu pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada Lumajang .

Sebut saja namanya Agus. Warga Wotgalih yang kebagian beras misterius, mengaku jika beras itu didistribusikan oleh petugas RT setempat. Menurutnya, petugas RT berucap jika beras itu diberikan secara gratis oleh salah satu paslon (dia tidak menyebutkn nama paslonnya meskipun tahu).

“Yang diberikan sebanyak 2,5 kilogram, dibungkus tas kresek. Berasnya masih belum saya pakai. Saya menerimanya sekitar seminggu yang lalu. Masih saya simpan,” ujarnya.

Menurut dia, sejumlah tetangganya juga mendapatkan beras 2,5 kg juga dengan embel-embel dari salah satu paslon. “Kata yang memberi, ini gratis tanpa tebusan, meskipun dari salah satu paslon,” ucapnya.
Kepala Desa Wotgalih, Lastari membenarkan ada pembagian beras gratis di desanya. “Tidak ada embel-embel pasangan calon tertentu dalam. Kalau beras gratis memang ada. Tapi sepengetahuan saya tidak ada yang mengatas namakan dari calon,” ujarnya.
Sayangnya, Lastari tidak menyampaikan lebih detail dari mana asal beras itu. Sementara Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lumajang menyampaikan, bulan ini tidak ada bantuan beras pemerintah yang sifatnya gratis.

“Kalau bantuan beras bersubsidi (rasidi) dengan tebusan Rp 1.600 per kilogram dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur ada,” ungkap Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Hariadi, Selasa (27/2) lalu.

Dikatakan, rasidi beredar sejak 21-25 Pebruari kemarin. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan jatah 20 kilogram, bukan 2,5 kilogram sebagai mana yang didapat warga Wotgalih. DIN

Advertisement