Advertisement
BPJS Ketegakerjaan Lumajang Gelar Sosialisasi dan Cairkan Klaim Rp 24 juta
Peristiwa

BPJS Ketegakerjaan Lumajang Gelar Sosialisasi dan Cairkan Klaim Rp 24 juta

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – BPJS Ketenaga Kerjaan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kemarin, melakukan sosialisasi perlindungan jaminan sosial ketenaga kerjaan terhadap perangkat desa, sekdes, dan bendahara desa se Kecamatan Pasrujambe.

“Ini dalam rangka optimalisasi perlindungan jaminan sosial ketenaga kerjaan kepada para perangkat di desa dan masyarakat sekitar”, ujar H. Triyono, SH, Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketegakerjaan Lumajang.

Selain itu, dalam acara tersebut juga diserahkan Klaim Jaminan Kematian sebesar Rp 24 juta kepada Ibu Zulaikha (ahli Waris alm. Bapak Pujiarso Basuki, perangkat Desa Jambearum).

Pujiarso Basuki merupakan peserta BPJS Ketenagaan pada 28 Pebruari 2018 dan meninggal 7 Maret 2018 karena sakit.

Klaim jaminan kematian tersebut diserahkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, disaksikan Camat Pasrujambe, dan Ketua PPDI Kabupaten Lumajang.

Perlu diketahui, BPJS Ketenaga kerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenaga kerjaan dengan tujuan melindungi terhadap hilang atau berkurangnya penghasilan pekerja (misalnya mengalami kecelakaan kerja,meninggal dunia, memasuki hari tua dan pensiun).

Apabila peserta mengalami kecelakaan kerja BPJS Ketenaga kerjaan akan menanggung biaya transpor dari TKP (tempat kejadian perkara) ke rumah sakit, biaya perawatan dan pengobatan standar kelas 1 rumah sakit pemerintah, upah selama tidak mampu bekerja, santunan cacat, santunan kematian akibat kecelakaan kerja, rehabilitasi kesehatan, return to work dan besiswa 1 oang anak yang masih sekolah.

“Dan apabila peserta meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, maka BPJS ketenagakerjaan akan memberikan santunan total Rp 24 juta. Apabila kepesertaannya minimal sudah 5 tahun juga akan diberikan beasiswa kepada 1 orang anaknya yang masih sekolah”, ujarnya.

Sedangkan jaminan hari tua adalah manfaat uang tunai yang di bayarkan sekaligus pada saat perserta memasuki usia pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

“Jaminan pensiun adalah jaminan sosial untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia”, imbuhnya.DIN

Advertisement