Pelajar MAN Lumajang Tanam Pohon Bersama Laskar Hijau
Pendidikan dan Agama Peristiwa

Pelajar MAN Lumajang Tanam Pohon Bersama Laskar Hijau

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM –  Bersama para pelajar MAN Lumajang, Laskar Hijau dan para pelestari Gunung Lemongan, Jawa Timur, kembali melakukan penghijauan di kawasan Hutan Lindung yang dirusak pada 13 Maret 2018 (dini hari).

Penghijauan kali ini dilaksanakan bersama Palang Merah Remaja (PMR) MAN Lumajang, pada Minggu lalu. Ada sekitar 100 pelajar kelas 10 dan 11 yang terlibat dalam penghijauan itu. Sekitar 500 aneka pohon buah seperti Durian, Manggis, Manecu, Jambu Biji, dan Belimbing mereka tanam. Hebatnya, tanaman itu mereka beli dari hasil urunan.

Koordinator PMR MAN Lumajang, Bagoes Yoga Pratama, menyampaikan, ini wujud keprihatinan dan kepedulian siswa-siswi MAN Lumajang terhadap pengerusakan hutan lindung di Gunung Lemongan. “Semoga pohon yang kami tanam tidak dirusak”, ujarnya.

Sebelum menanam, Koordinator Laskar Hijau A’ak Abdullah Al-Kudus memberikan materi tentang Gunung Lemongan,  konservasi, suka duka menjadi relawan di Gunung Lemongan hingga musibah pengerusakan pertengahan Maret lalu.

A’ak mengaku senang sekali dengan banyaknya anak muda yang mulai peduli dengan lingkungan. “Mereka punya semangat dan kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Semoga bisa ditiru oleh sekolah-sekolah yang lain”, ujarnya.

A’ak juga berharap sekolah-sekolah di Lumajang memiliki ‘kapling’ di Gunung Lemongan untuk dihijaukan secara intens hingga menjadi hutan. Ini akan mendidik siswanya peduli lingkungan, sekaligus sekolah berperan langsung dalam pelestarian lingkungan. “Lebih lebih  sekolah Adiwiyata”, pungkasnya. DIN

Advertisement