Tukar Topi “SIGARPUN BULAT” Dengan Perusahaan Beijing Diharapkan Pangan Organik Lumajang Mendunia
Suara Desa

Tukar Topi “SIGARPUN BULAT” Dengan Perusahaan Beijing Diharapkan Pangan Organik Lumajang Mendunia

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM –Petani Lumajang, kini mulai menikmati manfaat luhur SIGARPUN BULAT (Aksi-Gerakan Pemupukan Organik dan Benih Unggul Bersertifikat). Salah satu diantaranya peningkatan produktivitas Padi.

Demikian salah satu kesimpulan jujur para petani,  di hadapan Paiman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang)  Pemkab Lumajang, Jawa Timur, dalam acara Gapoktancam Jatiroto Kabupaten Lumajang,  Rabu (4/4/18).

Acara yang dikemas dalam rangkaian “Temu Lapang Panen Padi, Sebar dan Tangkap Ikan Lele berhadiah”  di lahan Poktan Karya Makmur Desa Sukosari ini,  sejatinya digelar atas prakarsa Gapoktancam Jatiroto bekerja sama dengan PT.  DGW dan LEILI.

“Pangan merupakan hal yang paling prinsip dan hakiki. Semenjak saya dilantik Kadis Ketapang pertengahan Pebruari 2018, saya bersama jajaran terus banting setir dan mengingatkan agar semua Dinas Teknis Pangan,  yakni Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan,  benar-benar all out meningkatkan produktivitasnya serta tidak main-main,” tandasnya.

Paiman mengatakan, bukan jamannya lagi kepala dinas dan jajarannya lihai-lihai tanpa ada komitmen dan pelayanan yang jelas kepada masyarakat terutama petani.  “Gak usah ragu dan bimbang  untuk urusan pangan.  Jajaran TNI dan Polri senantiasa mendampingi kita dan petani,” tukasnya lalu para petani dan jajaran TNI tepuk tangan.

Para petani terlihat antusias saat menerima wejangan sang Begawan Pangan ini.  “Kita sudah lama gak ketemu Pak Paiman. Kita jadi kangen,” ujar para petani yang sempat ngobrol dengannya.

Dalam kesempatan itu, Paiman menjelaskan Filosofi Sigarpun Bulat kepada Mis Catherin Sales Manager LEILI 2000 untuk Malaysia dan Indonesia dari Beijing. Melalui penterjemah,  atas penjelasan Sigarpun Bulat dari Paiman, Mis Catherin atas nama Perusahaan dari Beijing, mengaku Salut pada Lumajang.  ” This Program (SIGARPUN BULAT,  Red) is good and spectaculer for world,” ungkapnya memuji.

Paiman,  pun memanfaatkan peluang. Dengan bahasa isyaratnya,  dibantu penerjemah,  Catherin berkenan untuk TUKAR TOPI ” SIGAPUN BULAT”  tanda komitmen Pangan Organik Lumajang dan Beijing. Tepuk tangan riuh gemuruh penuh keikhlasan mewarnai acara tersebut.

Paiman mempersilahkan semua jajaran dan hadirin ber-selfie dengan tangan mengepal tanda Salam SI-GEMPAL (Aksi-Gerakan Kembali ke Pangan Lokal),  sebagai wujud Cinta Tanah Air  Lumajang yang sangat kaya potensi alam.

Melalu SI-GEMPAL ini,  Paiman mengajak untuk memekikkan semangat dan implementasi nasionalisme hakiki. “NKRI harga mati – SIGARPUN BULAT  selalu di hati.Pangan Lumajang untuk Indonesia. Semoga mendunia,” pekik Paiman lalu diamini para hadirin.

Sekedar mengingatkan,  SIGARPUN BULAT merupakan gagasan Paiman (Kadis Pertanian Lumajang,  Juli 2011 – Pebruari 2018). Pelaksanaanya diawali dengan Launching oleh Bupati Lumajang alm. Sjahrazad Masdar pada tanggal 15 Desember 2011.

Hadir dalam tersebut jajaran Dinas Pertanian Lumajang,  Dinas Ketapang,  Dinas Perikanan,  Jajaran Forkopimca Jatiroto,  Perangkat  Desa Sukosari,  Gapoktancam dan Poktan serta jajaran PT.  DGW dan Leili 2000 yang komit dengam Pangan Organik. SYAM

Advertisement