dr. Rosyidah : Masalah Kesehatan Butuh Keterlibatan Semua Pihak
Kesehatan

dr. Rosyidah : Masalah Kesehatan Butuh Keterlibatan Semua Pihak

 

dr. Rosyidah

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COMMasalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab satu dinas dalam pemerintahan, tapi tanggung jawab seluruh pihak. Baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah hingga pemerintahan di desa punya tanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan yakni Polkesmas, menyuarakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat).

“GERMAS tidak bisa hanya digarap oleh jajaran Kementerian Kesehatan sendiri. Mereka harus bermitra dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dan masyarakat selaku penerima manfaat dari GERMAS. Dalam perencanaannya, pun perlu bekerja sama dengan Bappeda sebagai leading sector GERMAS di pemerintahan daerah”,  ujar dr. Rosyidah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Lumajang, saat digelar acara Sosialisasi Hidup Sehat, di Klapan Lumajang, Kamis (10/5) pagi.

Dijelaskan, seluruh program GERMAS, harus terintegrasi dan sesuai dengan OPD yang mendukung GERMAS sesuai tupoksinya masing-masing. dr. Rosyidah mencontohkan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan misalnya, bertanggung jawab kecukupan bahan makanan. Dinas Perikanan dan Kelautan menyuarakan  gerakan Gemar Makan Ikan. Dispora bergerak di bidang olah raganya, BKKBN mengatur jarak kelahiran supaya gizi si anak  tercukupi dan kepadatan di dalam rumahnya terjaga sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

“Kemudian terkait rumahnya, jambannya, air bersihnya bagaimana? Ini urusan Dinas Lingkungan Hidup. Semuanya harus direncanakan di bagian Bappeda. Kalau di pusat ada pada Bappenas, kalau di daerah Bappeda”, ungkapnya. 

Perlu diingat, bahwa program GERMAS tidak berhenti di OPD saja tapi harus merembet ke desa.  Menyangkut hal ini, maka DPM Des punya peran untuk menggerakkan dan menganggarkan lewat dana desa.

“Sementara Dinas Kesehatan penerima dampak dari semuanya. Kalau tidak baik maka imbasnya ke kesehatan. Pun, sebaliknya. Makanya mitranya dengan OPD,” katanya.

Adapun target GERMAS, kata dr. Rosyidah, pembiayaan bidang kesehatan untuk penyakit tidak menular (stroke, darah tinggi dan lainnya) tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, maka anggarannya bisa dialihkan ke bidang lain (apakah itu bidang pendidikan, infrastruktur, dan bidang-bidang lainnya).

Hadir dalam acara Sosialisasi Hidup Sehat ini anggota DPR RI Komisi IX (Bidang Kesehatan dan Ketenaga kerjaan), Drs. Ayub Khan, Plt Kadinkes Lumajang, Ir. Agus Widarto. SYAM

Advertisement