Presiden Jokowi Minta Masyarakat Menjalin Persatuan dan Persaudaraan
Politik & Pemerintahan

Presiden Jokowi Minta Masyarakat Menjalin Persatuan dan Persaudaraan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Dandim 0821, Letkol Czi. Agus Iskarman, SE, membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo,  pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke – 73 tahun 2018, di Alun – alun Lumajang, Jum’at (1/06/18) tadi pagi.

Disampaikan, Pancasila merupakan hasil satu  kesepakatan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno; Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 serta rumusan lain yang hasil finalnya  Pancasila yang dibacakan 18 Agustus 1945.

Hal ini merupakan jiwa besar para pendiri bangsa (Founding Fathers), para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga dapat membangun kesepakatan bangsa yang bersatu.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sangat kuat. Saat ini telah diundangkan Peraturan Presiden RI Nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila.

Lembaga baru tersebut ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari, yang sudah terintregrasi dengan program pembangunan pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya yang sudah menjadi bagian integral dari pengamalan nilai – nilai Pancasila.

Plt. Bupati , dr. Buntaran Supriyanto, M. Kes, menyerahkan tropi. FIK

Dalam sambutan tertulis tersebut, Presiden Jokowi berkeinginan agar masyarakat saling bahu – membahu membangun bangsa sesuai dengan Pancasila. Diharapkan, banga Indonesia saling menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk menjalin persatuan dan persaudaraan.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati , dr. Buntaran Supriyanto, M. Kes, menyerahkan tropi penghargaan bagi peserta upacara terbaik, dengan kriteria kerapian, lelengkapan pasukan, dan kekompakan. Peserta upacara terbaik itu, adalah terdiri dari juara 1 SMKN 2 Lumajang, juara 2 SMA Negeri 1 Lumajang, dan juara  3 SMA PGRI Lumajang.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke – 73 tahun 2018 tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati sarimbit, Sekda sarimbit, serta forkopimda sarimbit. FIK

Advertisement