Pertida VI Jatim, Kontingen Pramuka SBH Lumajang Berharap Jadi Yang Terbaik
Kesehatan Komunitas Pendidikan dan Agama

Pertida VI Jatim, Kontingen Pramuka SBH Lumajang Berharap Jadi Yang Terbaik

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Pelepasan kontingen anggota Pramuka SBH (Saka Bhakti Husaha) Cabang Lumajang, Jawa Timur, dilakukan di Aula Kantor Dinkes Lumajang, kemarin.

Pelepasan dipimpin oleh Ketua Pinsaka, Kak Ros (Rosyidah) bersama Kak Rini mewakili Ketua Kwarcab, didampingi Kak Irma, anggota Pinsaka.

Ada 20 anggota pramuka SBH (putra-putri) yang dilepas. Sebelumnya, 20 anak ini mengikuti seleksi di masing-masing pangkalannya bersama anggota lain yang tidak lagi lolos.

Kak Ros, dalam sambutannya, menyampaikan, Pertida VI Daerah Jatim di Watulimo, Trenggalek akan dimulai pada 10-14 juli 2018.

Tema yang diusung : Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada Kader Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Mewujudkan Keluarga Sehat.  

Pertida merupakan pertemuan anggota SBH se-Jatim yang kegiatannya bersifat edukatif , rekreatif, inovatif dan mengandung unsur bakti masyarakat,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan tersebut antara lain ; memberikan wawasan dan pengalaman anggota pramuka SBH, keterampilan, dan pengembangan dunia kesehatan, memperkuat silaturahmi antar anggota satuan pramuka SBH.

Dijelaskan, kontingen ini merupakan putra-putri terbaik yang lolos seleksi untuk dikirimkan ke Trenggalek.

“Sebelumnya, kita lakukan tes tulis, skill, kepramukaan, dan tes wawancara kepada 150 anak di 25 pangkalan. Dari 150 anak yang lolos sebanyak 20 anak,“ ujarnya.

Kak Ros (kiri) dan Kak Irma (kanan).

Diharapkan kontingen Lumajang ini mampu menjaga nama baik daerahnya serta menjadi yang terbaik pada Pertida VI 2018 ini.

“Tapi jangan jadi beban. Jadikan ini pengalaman, pembelajaran tentang kepemimpinan, dan tambahan keterampilan di bidang kesehatan,” pintanya.

Kak Irma, menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada orang tua kontingen yang mengizinkan putra-putrinya dalam kegiatan ini.

“Khusus Kwarcab, Mabisaka, Pamong, kami sampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungannya selama ini dan seterusnya. Kepala Dinkes juga titip kepada Pinkon dan pendamping agar menjaga, memotivasi, dan semangat kepada adik-adik di lokasi bumi perkemahan”, pungkasannya.

Kak Irma juga berharap para adik-adik pramuka SBH Cabang Lumajang ini menjadi generasi muda yang bisa mengabdikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan serta menjadi kader kesehatan di keluarga dan lingkungannya.DIN

Kegiatan Pertida VI, meliputi :

  • Bakti Germas ( penyuluhan gizi seimbang, kesling, keamanan pangan pada inspektur cilik, makanan dan sanitasi, metode baju kanguru).
  • Pendalaman krida (gizi, lingkungan, bina keluarga ( perawatan BBLR ), obat (ICMS), bina keluarga, PHBS, penanggulangan penyakit TBC.
  • Bakti fisik (survey PHBS, penemuan kasus TB metode ketok pintu, perpustakaan desa, PSN ).
  • Life skill (mengasap ikan, fotografi, wisata, pembibitan bakau, penanaman bakau)
    Kegiatan persahabatan ( klompen, balap karung, tarik tambang)
  • Ketangkasan (voli pantai)
  • Jumpa tokoh
  • Perlombaan pentas seni ( Lumajang menampilkan tari tradisional Kahyang Pisang Agung
  • Kurve dan Wisata.
Advertisement