Dor…!!! Komplotan Begal Sadis Diringkus dan Dilumpuhkan
Hukum Peristiwa

Dor…!!! Komplotan Begal Sadis Diringkus dan Dilumpuhkan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Kepolisian Resort Lumajang, Jawa Timur, berhasil mengungkap dan menangkap komplotan Begal dan pelaku ranmor asal Kunir, Tempeh, dan Klakah Lumajang.

Dalam rilisnya, Kapolres Lumajang, AKBP Rachmad Iswanusi, SIK, didampingi Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran, SH, M.Hum, Paur Subag Humas IPDA BC Baskoro, dan Kanit Reskrim, menyampaikan, 5 begal ini sudah menjadi DPO Polres Lumajang, terutama pelaku berinisial HM menjadi DPO sejak 1 tahun lalu.

“Pelaku ini sangat kejam dan tidak pernah kompromi pada korbannya. Mereka akan membacok korban bila motor rampasannya tidak diserahkan. Bahkan ada anggota TNI yang ikut dibacok saat menolong korban”, ungkapnya.

Penangkapan ini dilakukan di rumah pelaku, pada 22 Juli 2018, sekitar pukul 22.30 WIB. “Karena melawan petugas menembak 2 kaki pelaku AM yang menjadi otak aksi kejahatan”, tukasnya.

 

Dijelaskan, AM sudah melakukan aksi kejahatan di 45 TKP (Tempat Kejadian Perkara) dibantu ASN, RD, SE, RH, DN. Kelima pria ini sudah pernah masuk lapas. Saat ini, pelaku lain yakni AM dan 1 pelaku lainnya dalam pengejaran polisi.

Mereka semua (para pelaku) berasal dari Kunir, Tempeh, Klakah Lumajang. Barang bukti yang berhasil diamankan, HP, celurit, beberapa sepeda motor milik pelaku dan hasil begal, dan dompet.

Atas perbuatannya mereka dikenakan pasal 363 dan 365 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. “Kita berkoordinasi dengan pihak Kejari agar dijatuhi hukuman berat karena mereka ini sangat sadis dan tidak pernah mengampuni korbannya”, tuturnya.

Disampaikan, sesuai instruksi Kapolri, pelaku aksi kejahatan di jalan harus ditindak tegas karena mereka kejam terhadap korbannya.

“Tentu instruksi tindakan tegas ada protapnya. Bisa dilumpuhkan dan bisa juga dilakukan tindakan lain”, paparnya seraya menambahkan, para pelaku sadis ini sudah 2 tahun melakukan aksinya. DIN

Advertisement