3 Kelompok Begal Digulung, 2 Pelaku Ditembak
Hukum Peristiwa

3 Kelompok Begal Digulung, 2 Pelaku Ditembak

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Satreskrim Polres Lumajang, Jawa Timur, berhasil menggulung 3 kelompok pencurian dengan kekerasan (curas/begal) dan spesialis pencuri di dalam rumah yang selama ini meresahkan masyarakat.

Kasatreskrim Polres Lumajang, AKP Hasran, SH, M.Hum, menjelaskan, ada 3 kelompok curat yang sudah ditangkap, yakni kelompok yang biasa bereaksi di pantai Bambang, kelompok yang melakukan aksi kejahatan di dalam rumah dan aksi di jalanan (begal).

“Mereka kita tangkap, termasuk pelaku yang mengidap penyakit Aids bersama barang bukti beberapa sepeda motor (roda dua, roda tiga), dan mesin diesel pertanian”, ungkapnya di hadapan para awak media, Rabu (30/8/2018).

Para pelaku curat dan curas (begal).

Para pelaku curat yang ditangkap antara lain ; Anang Supriyanto Bin Sadimin (38), warga Dusun Pakeman, Desa Sumbersari Rowokangkong, Moh. Busariyanto (41), warga Dusun Pakeman Desa Sumbersari, Ngateman Bin Misjan Rejo (36) Dusun Pakeman Desa Sumbersari, Sugiyono Prayitno bin Wagiran (47), Dusun Ponjen Kidul Desa/ Kecamatan Kencong Jember, Ali Wafa alias Bopa, warga Desa Sumbersari, Rowokangkung ditangkap dalam perkara lain (kini sedang menjalani proses hukum di Polres Jember).

“Kita berhasil meringkus 5 pelaku dan 2 di antaranya kakinya ditembak karena berusaha melawan”, pungkasnya.

AKP Hasran menjelaskan, Busariyanto dan Anang Supriyanto ditangkap saat di pertigaan lampu merah Tukum Kecamatan Tekung, pada Selasa, 28 Agustus 2018, sekitar pukul 11.00 WIB. Sugiyo Prayitno ditangkap di rumahnya daerah kencong, ngateman juga ditangkap di rumahnya”, seloroh mantan Kasat Narkoba Polres Jombang ini.

Dari hasil introgasi, Moh. Busariyanto dan Anang Supriyanto mengakui mencuri 1 mesin diesel, merk Kubuta warna Orange pada senin 13 agustus 2018, sekitar 22.00 WIB, di rumah korban di Dusun Penggung Lor Desa Sidorejo Rowokangkung.

Barang Bukti (BB) hasil curat dan curas ( begal).

“Kemudian oleh Mohammad Busariyanto dan Anang Supriyanto dijual ke Ngateman alias Teman yang sudah kita tangkap juga. Ngateman kemudian menjual ke Sugiyo, juga sudah kita tangkap”, paparnya.

Sementara laki-laki berinisial HI, warga Dusun Nangkaan Ranupakis Klakah, (33), penadah barang hasil curian berupa 1 HP Merk Asus, 1 buah proyektor, 1 buah Camera merk Nikon warna hitam, 1 buah notebook merek Asus warna merah arun, juga ditangkap.

Barang bukti milik korban bernama Fahrul Wahyudi (warga Dusun Krajan Barat Desa Rowokangkung) antara lain : 1 unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter, 1 unit sepeda motor merk Honda, 1 unit sepeda motor type Revo.

Barang bukti milik korban bernama Yusalim (Warga Dusun Penggung Kidul, Desa Sidorejo Rowokangkung) hanya 1 unit sepeda motor roda 3.

Barang bukti milik korban atas nama Mujiono berupa 1 unit sepeda motor Honda Supra 125.

“Khusus curat atau begal kita perintahkan ditindak tegas”, imbuhnya. DIN

Advertisement