Advertisement
Pemkab Lumajang Siap Fasilitasi Kreativitas Guru
Pendidikan dan Agama Politik & Pemerintahan

Pemkab Lumajang Siap Fasilitasi Kreativitas Guru

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Dr. Sukamto, M.Si, menyampaikan, karya tulis sudah menjadi salah satu kegiatan guru yang bisa mendapatkan kredit poin dan menunjang penilaian kerja mereka.

“Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Lumajang, akan terus memfasilitasi upaya peningkatan kualitas dan kreativitas guru dalam berkarier, terutama dalam membangun ilmu pengetahuan melalui karya tulis ilmiah,” tutur Sukamto, saat membuka Workshop Karya Tulis Artikel Populer Nasional 2018, yang diselenggarakan oleh Komunitas Pers Independen (KOMPI), di Gedung Soedjono Lumajang, Selasa (11/9/2018).

Dalam sambutannya, dia menyampaikan, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun bentuk lainnya, dalam menggunakan media cetak, elektronik dan segala jenis saluran yang berbeda.

Oryza Wirawan 

“Bahwa peran pers sangat besar dalam realitas kehidupan, sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat, banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa”, paparnya.

Menurutnya, kemampuan jurnalistik tidak hanya dibutuhkan oleh rekan-rekan pers saja, tetapi juga bagi akademisi dan masyarakat luas agar tumbuh literasi yang sehat di media massa.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pers Independen (KOMPI) Kabupaten Lumajang, Syamsudin Nabilah, menjelaskan, kegiatan Work Shop merupakan salah satu kegitan KOMPI dari sekian kegiatan yang sudah masuk program kerja.

Kadindik Lumajang, Drs. Siswinarko (tengah mengenakan kaca mata)

“Program kita yang lain adalah Journalist go to  school dan journalist go to Campus“, ujarnya. Dijelaskan, KOMPI sudah bekerja sama dengan Pemkab Lumajang dan para guru PAUD beberapa waktu lalu.  Maka kedepan diharapkan, KOMPI dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang ada di Lumajang.

Udin, panggilan karib Syamsudin Nabilah, berharap agar para peserta yang mayoritas guru ini dapat menulis di media massa maupun menulis buku seperti para narasumber. “Selain mendapatkan sertifikat guna menunjang profesi para guru, kami juga berkeinginan setelah workshop mereka bisa menulis,” imbuh Mantan Wartawan Radar Bromo, Jawa Pos Grup ini.

Ketua panitia pelaksana, Moh. Misdi, SH. MH, melaporkan, tema workshop nasional kali ini adalah “Workshop Karya Tulis Artikel Populer Tingkat Nasional 2018, Yang Ditayangkan di Media Massa”.

Dr. Sirikih Syah

Hadir 3 nara sumber dalam kegiatan ini, antara lain Imam Wahyudi (Dewan Pers), Oryza Wirawan (Wartawan Berita Jatim Jember), dan dan Dr. Sirikit Syah (Akademisi STIKOSA). Imam Wahyudi  menyampaikan materi tentang rambu-rambu saat berekspresi di media massa bidang pendidikan, Oryza Wirawan membawakan meteri membangun kreatifitas dalam menulis, dan Sirikit Syah memberikan materi tentang menulis artikel populer disertai praktek tulisan.

Workshop diikuti  sekitar 1.500 guru PAUD, TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Lumajang.FIKRI

Advertisement