60 Ribu Warga Lumajang Belum Rekam KTP Elektronik
Politik & Pemerintahan

60 Ribu Warga Lumajang Belum Rekam KTP Elektronik

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COMSebanyak 60 ribu penduduk wajib KTP elektronik ( e-KTP) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, belum melakukan perekaman.

Hal ini disampaikan Drs. Agus Warsito, Kepala Bidang Informasi Dispendukcapil Kabupaten Lumajang. Menurutnya, dari jumlah 60 ribu ini separuhnya (50 %) berdomisili di luar Kabupaten Lumajang. Karena masih banyaknya penduduk wajib e-KTP yang belum terekam, maka Dispendukcapil, berusaha jemput bola melakukan perekaman.

“Kita print out by name by addres yang belum direkam, lalu kita sebarkan ke kecamatan-kecamatan dan desa tanpa menunggu mereka datang ke dispenduk. Dari sana nanti bisa diketahui apakah yang bersangkutan masih  berdomisili di tempat itu, sudah pindah, atau sudah meninggal dunia,” pungkasnya.

Pihaknya, kata Agus, panggilan Agus Warsito, juga turun ke sekolah-sekolah terutama untuk pemilih pemula. Karena yang dimaksud pemilih adalah usia 17 tahun pada hari pemilihan (pileg dan pilpres) tahun 2019.

“Kalau lahir tanggal 17 April 2002 maka sudah harus direkam, sedangkan pencetakannya pada hari H pileg dan pilpres. Untuk sementara mereka yang sudah berusia 17 tahun akan diterbitkan surat keterangan”, paparnya.

Mantan aktivis mahasiswa ini, menambahkan, dari sisi perekaman pihaknya sudah menyelesaikan 93 %. Artinya, masih ada 7 % wajib e-KTP yang belum selesai direkam. “Dari sisi jumlah wajib e-KTP harus selesai 100 %,” imbuhnya.  DIN

Advertisement