Advertisement
Lahan Kosong Bekas Pabrik Beras Lumajang Terbakar
Peristiwa

Lahan Kosong Bekas Pabrik Beras Lumajang Terbakar

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Diduga ada yang membakar sampah di sebelah selatan MAN Lumajang, Suko Jogoyudan, Kecamatan Kota Lumajang, Jawa Timur, lahan kosong bekas Pabrik beras pertama di Lumajang, Kamis (18/10/2018) siang, terbakar.

“Peristiwa ini bermula dari asap yang membumbung dari sebelah timur itu, mas. Awalnya api kecil, tapi lama kelamaan tambah besar dan merembet kemana-mana sampai ke tempat pembuangan sampah ini”, tukas Ahmad, warga sekitar saat diwawancarai pedomanindonesia.com.

Tak lama kemudian petugas pemadam kebakaran Pemkab Lumajang, datang memadamkan api. Mereka langsung menyemprotkan air ke titik titik munculnya api/ asap.

Dijelaskan, sebenarnya api yang menjalar ke tempat pembuangan sampah itu awalnya kecil, tapi lama kelamaan semakin besar, apalagi matahari panas menyengat.

“Kalau tadi gak segera dipadamkan bisa merembet kemana-mana. Apalagi lahan kosong dan sekitarnya ini berupa semak belukar dan banyak daun kering”, ujarnya.

Untungnya, tidak ada korban jiwa maupun barang – barang berharga lainnya dalam peristiwa ini. Mengingat lokasi lahan kosong yang terbakar dengan permukiman penduduk sekitar terpisah/ dipisah dengan jalan beraspal, beberapa meter.

Ditanya soal penyebab kebakaran,  Ahmad mengatakan tidak tahu persis. “Kalau terbakar sendiri kemungkinan kecil, Mas. Bisa jadi sampahnya dibakar”, ujarnya lalu menambahkan, sebetulnya ini bukan tempat pembuangan sampah.

“Tapi lahan kosong ini gak dipakek, maka warga membuang sampah di situ. Lahan ini dulu pabrik beras pertama di Lumajang”, imbuhnya.

Terlihat Damkar, beberapa kali mengangkut air dan menyiramkan ke titik-titik api/ kepulan asap yang masih tersisa. DIN

Advertisement