Advertisement
Wabup : Jadikan Teman Sebaya Konsultan
Politik & Pemerintahan

Wabup : Jadikan Teman Sebaya Konsultan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si, saat membuka Jambore Kader Konselor Sebaya, di Gedung Olah Raga (GOR) Wira Bhakti Kabupaten Lumajang, Senin (22/10/2018), menyampaikan, teman dapat menjadi konsultan bagi temannya sendiri.

“Sudah waktunya kita gerakkan kebaikan kepada teman sebaya”, ungkapnya. Kegiatan dengan tema “Remaja Indonesia Sehat dan Cerdas” Bunda Indah, mengatakan, saat ini banyak menjumpai anak-anak yang tidak mematuhi aturan orang tua maupun guru di sekolah. Mereka sering sekali melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti perkelahian, menggunakan narkoba.

“Untuk itu, saya berharap anak-anak yang usia sebaya bisa saling mengingatkan kebaikan dan menyelamatkan sahabatnya masing-masing,” ujarnya.

Teman, kata Bunda Indah, harus dapat menjadi konsultan bagi temannya sendiri. “Selamat belajar, semoga menjadi anak-anak yang pintar dan hebat,” imbuh mantan Kepala Bappeda Pemkab Lumajang ini.

Jambore Kader Konselor Sebaya diikuti oleh 100 kader konselor sebaya dari SMP se-Kabupaten Lumajang, 25 guru pendamping dan 25 orang pengelola program.

Tujuan dari Jambore Kader Konselor Sebaya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader konselor sebaya untuk menjadi konselor sebaya di sekolahnya dan di lingkungan tempat tinggalnya.
“Juga untuk mengajarkan perilaku positif, hidup sehat pada remaja, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan penyuluhan serta mengatasi masalah teman sebaya,” tukas Kabid Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Agus Hari Widodo, SKM. M.Kes. DIN

Advertisement