Tempat Pemancingan Nyaman, Butuh Sentuhan Pemkab
Komunitas

Tempat Pemancingan Nyaman, Butuh Sentuhan Pemkab

LUMAJANG – Bagi anda pencinta dunia pancing, ada satu tempat pemancingan umum di Kabupaten Lumajang. Pemancingan ini memiliki sarana lengkap untuk menyalurkan hobi dan juga memenuhi kebutuhan sumber protein anda.

Tempat pemancingan umum yang dikelola Dian (39) ini berada di Randuagung Krajan, Kecamatan Randuagung. Jarak tempuh dari Kota Lumajang menuju lokasi tersebut kurang lebih 10 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit

Saat ditemui di kolam pemancingannya, kemarin siang, Dian menuturkan, ada enam kolam pemancingan dengan ukuran variatif yang mampu menampung 1-2 kuintal ikan hidup. Terdapat beberapa barak dan lopo di pinggir kolam pemancingan untuk memberi kenyamanan pada pengunjung.

Jenis ikan yang tersedia antara lain ikan nila, bawal dan lele. “Semua ikan ini di kasik tiga varian. Tinggal memilih ikan apa yang mau di pancing”, tuturnya.

Dijelaskan, ikan yang terkena mata kail tidak diperbolehkan untuk dilepas kembali ke kolam karena ikan yang sudah terkena mata kail akan mati.

Ikan yang telah didapat pengunjung selanjutnya akan ditimbang setelah pengunjung berhenti memancing. Harga  semua jenis ikan ialah Rp 35 ribu/kg.

Dia mengharapkan pemerintah daerah bisa memberi bantuan pendampingan berupa teknis pemeliharaan yang baik dan sarana produksi untuk menunjang usaha petani ikan. Bantuan juga bisa berupa benih ikan bermutu dan pakan yang berkualitas.

“Banyak petani ikan wilayah utara yang punya potensi sangat besar yaitu ketersediaan air sepanjang tahun, tapi tidak bisa berkembang karena terlalu tingginya harga benih ikan dan mahalnya pakan ikan serta kurangnya pendampingan secara teknik,” imbuhnya. DJO

Advertisement