SPL Lumajang Gelar Demo Tanah Pandanwangi
Komunitas Peristiwa

SPL Lumajang Gelar Demo Tanah Pandanwangi

LUMAJANG PEDOMANINDONESIA.COM – Ratusan warga Pandanarum, Pandanwangi Tempeh Lumajang, Jawa Timur, yang tergabung dalam SPL (Serikat Petani Lumajang), Rabu (21/11), ngeluruk Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Nasional (Jl. Mayor Jenderal Panjaitan 106 Lmj).

Dalam orasinya, para pendemo, menyampaikan, beberapa waktu lalu pihak BPN berjanji tidak akan melakukan pengukuran atas tanah mereka di Pandanwangi.

“Tapi kenapa kok masih melakukan pengukuran? Bahwasanya lahan kami adalah milik kami. Kita akan pertahankan tanah kami.Karena lahan tersebut milik warisan nenek moyang kami”, teriak para pendemo.

Mereka juga menegaskan akan memperjuangkan tanah yang mereka kleim milik mereka. “Itu milik nenek moyang kita. Kita perjuangkan hak hak itu. Kami tak ingin di sana ada pendirian tambak milik investor. Kami hanya ingin butuh makan. Ada oknum desa melakukan perampokan, perampasan dengan mengukur tanah di tengah malam atas tanah kami. Kami tidak ikhlas ada kezaliman di negeri ini”, paparnya.

Saat itu perwakilan pendemo berdialog dengan pihak BPN Lumajang. Para pendemo mengancam akan datang dengan massa lebih besar kalau tidak keputusan dari BPN yang berpihak pada rakyat Pandanwangi.

Mereka juga mengusung poster kecaman berisi penolakan investor tambak, dan penolakan pada perampasan tanah di Pandanwangi. Usai ngeluruk Kantor BPN, para demonstran bergerak ke Kantor Bupati untuk menyampaikan aspirasi. DIN

Advertisement