Advertisement
!-- Header -->
50 Anggota Legislatif Menunggu Pelantikan, 3 Kader Parpol Bakal Duduk Wakil Ketua Dewan
Lumajang Pemilu 2019 Pileg 2019 Suara Redaksi

50 Anggota Legislatif Menunggu Pelantikan, 3 Kader Parpol Bakal Duduk Wakil Ketua Dewan

PEDOMANINDONESIA.COM – Secara de facto dan de jure, Penghitungan perolehan suara partai dan caleg (calon legislatif) sudah selesai, khususnya di Lumajang, Jawa Timur.

Kini, para kontestan pemilu 2019, tinggal menunggu penetapan dari KPU sebagai akhir dari segala proses pemilu.

Dari rekapitulasi perolehan suara parpol dan caleg oleh KPU Lumajang selama 3 hari (29 April – 1 Mei 2019), sudah bisa dilihat dan dipastikan siapa saja calon anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jatim (dapil Jatim 4 Lumajang – Jember) yang dinyatakan lolos menjadi wakil rakyat, apalagi DPRD Kabupaten Lumajang.

Bahkan, dari hasil perolehan kursi sudah bisa dipastikan partai apa dan siapa yang akan menjadi ketua dan wakil ketua dewan untuk periode 2019 – 2024.

Dilihat dari perolehan kursi, PKB meraup suara tertinggi 10 kursi. Disusul kemudian PDI Perjuangan 9 kursi, Gerindra 8 kursi, dan PPP sebanyak 6 kursi.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, pemenang pemilu berhak menduduki jabatan sebagai ketua dewan. Di Lumajang sendiri, pemenangnya adalah PKB. Maka calon ketua dewan nya adalah PKB. “Aturannya seperti itu”, ujar Anang, Ketua DPC PKB Lumajang.

Anang sendiri lolos menjadi anggota DPRD Lumajang dari dapil 3. Apakah secara otomatis dia menjadi ketua dewan? Menurutnya, mekanisme siapa person yang akan dipilih menjadi ketua dewan ada di internal partai.

“Semua tergantung pada situasi dan kondisi. Bisa dari ketua parpol yang kebetulan lolos sebagai anggota dewan, bisa juga yang lain di internal parpol ini”, tukasnya santai.

Dari perolehan 10 kursi tersebut yang tertinggi adalah perolehan suara Eko Adis (8.405, dapil 2). Dia adalah Sekretaris Umum PKB dan anggota DPRD hingga sekarang. Tentu saja, peluang Eko Adis menjadi ketua dewan cukup besar. Di samping berpengalaman sebagai anggota legislatif dia juga sebagai sekum parpol dan perolehan suaranya di internal PKB teratas.

CALON WAKIL KETUA DEWAN ? : Dari kanan atas ke kiri (Eko, Supratman, Bukasan). Dari kanan bawah ke kiri (H. Akhmat, Sugiyanto, Jarot).

Bagaimana dengan Sugianto dan Faruq? Keduanya juga berpengalaman duduk di dewan (incumbent), namun perolehan suaranya masih di bawah Eko Adis dan Anang. Bisa jadi mereka duduk sebagai ketua dewan jika internal partai nya menganut azas musyawarah mufakat.

Pun dengan posisi wakil ketua dewan. Yang berhak menduduki posisi para wakil ketua dewan adalah partai yang memiliki suara terbanyak berikutnya.

“Jika wakil rakyat di daerah jumlahnya 50 orang, maka akan ada 1 orang ketua dewan dan 3 orang wakil ketua dewan. Ketiganya berasal dari partai yang memiliki suara terbanyak”, kata H. Akhmad, Ketua DPC PPP Lumajang.

Khusus internal PPP, Wakil Ketua DPRD Lumajang periode 2019 – 2024, kemungkinan besar akan diduduki oleh H. Akhmat. Di samping perpengalaman sebagai anggota dewan, dia juga ketua parpol. Dari sisi perolehan suara di internal PPP, dia memperoleh suara tertinggi, yakni 8.568. Dengan kata lain, H. Akhmat akan mulus menjadi Wakil Ketua DPRD Lumajang.

Sedangkan siapa yang kira-kira akan menjadi Wakil Ketua DPRD di internal Partai Gerindra belum masih belum bisa dipastikan. Dari sisi pengalaman misalnya, Eko Wahyudi sudah pernah menjabat anggota dewan selama 2 periode (2009 – 2014 dan 2014 – 2019), bahkan pernah menjabat ketua komisi.

Namun, dari sisi perolehan suara pemilu 2019 angkanya 4.225, dibawah perolehan suara Dedi Marta (5.173 dapil 5) dan Gatot Sarworubedo (6. 712 dapil 1 pendatang baru).

Di Gerindra juga ada orang lama dan pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Lumajang hingga sekarang. Dialah Sugiyantoko. Hanya saja perolehan suaranya di dapil 5 masih di bawah Gatot, yakni 5.570. Tentu saja, seperti parpol lain, Gerindra punya aturan main sendiri siapa kadernya yang bakal ditempatkan sebagai Wakil Ketua DPRD Lumajang 5 tahun kedepan.

Yang terakhir PDIP. Dari sisi senioritas ada Supratman (6.851 suara), Bukasan (4.371 suara) Karnadi (4.712 suara). Tapi dari sisi perolehan suara semuanya dibawah Yudha Adji K (7.129, dapil 2). Yudha merupakan pendatang baru. Dia merupakan putra Agus Yudha Wicaksono (Ketua DPRD dan Ketua DPC PDIP Lumajang).

Jika aturan rumah tangga dan anggaran dasar PDIP mengharuskan peraih suara terbanyak menjadi ketua/ wakil ketua dewan, maka Yudha berpeluang menempati posisi itu (wakil ketua). Namun, bila alasan pengalaman dan senioritas, maka PDIP punya KBS (Karnadi, Bukasan, Supratman). Mereka sama-sama memiliki peluang itu.

Kini tinggal internal parpol pemenang pemilu yang memutuskan siapa kader yang ditempatkan sebagai ketua/ wakil ketua dewan untuk 5 tahun kedepan serta mengapa mereka yang dipilih.

Perlu diketahui, 50 anggota DPRD Lumajang yang terpilih pada pemilu 2019, kini tinggal menunggu penetapan KPU dan pelantikan. Berikut nama-nama mereka :

Gerindra ( 8 orang) :
1. Ir. Gatot Sarworubedo
2. Eko Wahyudi, SH
3. Susilo Yuwan Permadi
4. Oktafiyani, SH
5. Sugiyantoko
6. Amin
7. Dedi Marta, SE
8. Nur Fadilah, S.Ag

PKB (11 orang) :
1. Azoman Nur Fajar Pratama
2. Surati
3. Eko Adis Prayoga
4. Abdul Rahman Saleh
5. Thohar Hasan
6. Sugianto, SH
7. Anang Akhmad Syaifuddin
8. Umi Kulsum
9. Achmad Faruq Chotibi
10. Siti Komaria

PDIP (9 orang) :
1. Karnadi
2. Yudha Adji Kusuma, SH
3. Zaenal Abidin
4. Mustainul Umam, SH, S.Pd
5. Drs. Saiful Anam
6. Supratman, SH
7. H. Bukasan, S.Pd, MM
8. Buari
9. Lancar Budi Utomo

Nasdem (3 orang) :
1. Usman Afandi, S.Pd
2. Harunur Rosid, S.Pd
3. Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si

PPP (6 orang) :
1. H. Akhmat, ST
2. Trisno
3. Ainul Qurreh
4. Hadi Nur Kiswanto
5. Sudi
6. H. Suwarno, S.Pd

Demokrat (4 orang) :
1. Awaluddin Yusuf
2. H. Idris Marzuqi, S.Pd
3. Reza Pradana
4. Sujiarti

PKS ( 4 orang) :
1. Eka Tri Oktavia, S.Pd
2. Andriyo
3. Muhammad Hasan, ST
4. Drs. HM. Khusnul Khuluq

Golkar (3 orang) :
1. Reza Hadi Kurniawan, S.IP
2. Drs. H. Suigsan, MM
3. Bambang Riyanto

Hanura (2 orang) :
1. Deddy Firmansyah
2. Deni Yulianto

PAN ( 1 orang) :
1. Syaifudin

Nama – nama 50 anggota DPRD Lumajang ini diketahui pasca rekapitulasi oleh KPU Lumajang, pada 30 April – 1 Mei 2019, di GOR Wirabhakti. Semua saksi masing-masing parpol sudah mengantongi hasil rekapitulasi plus 50 nama yang bakal duduk di kursi dewan. (REDAKSI)