Advertisement
!-- Header -->
Ada Yeyen di Poskeswa Peduli ODGJ
Kesehatan Lumajang Politik & Pemerintahan

Ada Yeyen di Poskeswa Peduli ODGJ

Yeyen : Butuh Campur Tangan Pemerintah

LUMAJANG – Poskeswa Pelangi merupakan Posyandu Kesehatan Jiwa yang peduli terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Poskeswa berdiri sejak  Januari 2018. Dirintis oleh Yeyen Indayani Amd. Kep. (Perawat Ponkesdes Desa Kertosari) yang sekaligus pemegang program kesehatan jiwa Puskesmas Pasrujambe bersama Kader Kesehatan Jiwa (KKJ) Kecamatan Pasrujambe, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali,  bertempat di Balai Desa Kertosari dan diikuti oleh semua ODGJ se – Kecamatan Pasrujambe yang sudah mulai stabil kondisi kejiwaannya.

PEDULI : Cak Thoriq, Bunda Indah, dan Anang saat acara Ngokop. (Dok)

Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa dan pelatihan keterampilan membuat kebus dan keset.

Saat audiensi dengan Cak Thoriq ( Bupati Lumajang), Bunda Indah (Wakil Bupati Lumajang), dan Ketua DPRD Lumajang (Anang), di acara Ngombe Kopi (Ngokop) Bareng Sewu Gelas, di lapangan Kecamatan Pasrujambe, Sabtu (30/11/19), Yeyen Indayani Amd, Kep (Pemegang Program Keswa), menyampaikan,  kegiatan pelatihan dalam mencari potensi pada mereka bertujuan agar tidak melamun yang menyebabkan penyakitnya kambuh. Oleh karena itu, perlu  campur tangan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

“Selama ini yang kita lakukan masih sebatas melatih membuat kebus dan keset”, ujarnya. Bunda Indah, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan, kedepan Poskeswa bisa bekerja sama dengan Dinas Sosial agar mereka dilatih sesuai dengan potensinya masing-masing.

PERLU PERHATIAN : ODGJ  ini perlu mendapat perhatian pemerintah karena mereka juga manusia. (RED)

Sedangkan Cak Toriq, menyatakan agar Camat Pasrujambe terus memantau kegiatan ini.

“Sewaktu-waktu saya, Bunda Indah, dan Ketua DPRD akan melihat langsung produksinya keterampilan ini. Dan tentu ini memberikan arti pada kita semua.  Karena memberikan pelayanan kejiwaan merupakan bagian dari keharusan kita semua sebagai manusia untuk sama-sama secara sosial memberikan kehormatan kepada sesama manusia”, tuturnya. DIN

Post Comment