Advertisement
!-- Header -->
Komunitas Lumajang Suara Desa

Air Hujan Selalu Menggenang Warga Perum Biting Bersih Bersih Drainase

LUMAJANG – Warga Perumahan Bumi Biting Indah, RT 02 RW 11, Desa Kuternon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Minggu (12/6/2022) pagi, melakukan kerja bakti dalam rangka mengatasi genangan air yang sering terjadi setiap hujan turun.

Kerja bakti kali ini difokuskan di sebelah timur. Mengingat setiap kali turun hujan lokasi inilah yang paling parah digenangi air. Mereka secara serempak bahu membahu mengeruk gorong gorong/ drainase yang sudah dipenuhi tanah dan sampah.

Menurut Pak Syam, Pengurus RT 02, ini merupakan program RT 02 dan sudah diagendakan lama. “Baru sekarang ini bisa dimulai”, ungkapnya.

Diakuinya, kerja bakti pembersihan drainase ini tidak mengatasi genangan air terjadi pada saat hujan. Tapi minimal mampu mengurangi genangan air yang terjadi.

“Ini sekedar mengurangi genangan air biar tidak parah.  Mengatasi atau menghentikan genangan air tidak mungkin karena tidak ada muaranya, atau mau dialirkan kemana genangan air ini tidak ada”, tukasnya.

Mengatasi secara permanen atas genangan air tersebut perlu ada titik pembuangan, mau dibuang kemana airnya.

“Dan ini memerlukan anggaran cukup besar. Tidak bisa hanya diatasi oleh RT 02 RW 11. Perlu keterlibatan pihak lain. Bisa RW 12, bahkan pihak Desa Kutorenon. Bisa juga anggota dewan dengan program-programnya”, paparnya. RED

Post Comment