!-- Header -->
Aksi Demo Damai di 2 Titik Digelar Besok
Suara Desa

Aksi Demo Damai di 2 Titik Digelar Besok

LUMAJANG –  Setelah sempat tertunda beberapa hari lalu, besok (Senin, 23 September 2019), ratusan pendukung Irawan Yudi Priyanto, Cakades Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Lumajang, Jawa Timur, kembali akan menggelar aksi demonstrasi di 2 titik (Kantor Bupati, Kantor DPRD).

Salah satu korlap aksi Moh. Arif, menyampaikan, aksi demonstrasi terpaksa digelar setelah upaya persuasif yang dilakukan Irawan ke berbagai pihak, belum memuaskan.

“Ini langkah kami, tim dan warga Dawuhan Lor pendukung Irawan, yang menurut kami dia dirugikan dengan aturan tambahan legalisir ijasah oleh panitia desa. Perbup nya kan sudah jelas hanya 3 rangkap. Kenapa kok harus ditambah menjadi 8 rangkap? Inilah yang kemudian membuat saudara Irawan harus wira wiri ngurus legalisir ijasah dan surat keterangan kecamatan hingga dinyatakan terlambat mendaftar”, tukasnya.

Irawan, kata Arif, sudah melakukan langkah konstitusional dengan mendatangi DPMD, berkirim surat ke bupati, berkirim surat ke dewan untuk meminta keadilan. Namun langkahnya belum ada respon.

“Katanya DPMD mau diklarifikasi ke semua pihak, termasuk Saudara Irawan. Kok gak ada?”, Hanya satu yang diinginkan pendukung Irawan, yakni anulir keputusan panitia”, pintanya.

Sebelumnya, lewat media, pihak panitia telah mengakui kalau mereka salah memahami perbup No. 45 Tahun 2019. Bahkan, Camat Sukodono,  Bayu Ruswantoro, sempat mempertanyakan mengapa panitia menambah legalisir ijasah dari 3 rangkap menjadi 8 rangkap.

“Tapi anehnya, meskipun Pak Camat sempat heran dengan tindakan panitia, tidak ada sanksi apapun. Apalagi menganulir keputusan panitia. Tidak melaksanakan aturan sesuai perbup tapi didiamkan. Ada apa ini?”, tandas mantan anggota DPRD  Lumajang ini dengan nada heran.

Dia berharap aksi demonstrasi besok pagi berjalan damai dan keinginan agar Irawan diloloskan, bisa dikabulkan. “Kalau tetap tidak diloloskan kita minta pendaftaran ulang”, paparnya. (ANN-DIN/ RED)

Post Comment