!-- Header -->
Anang : PKB Dinamis Bisa Koalisi Dengan PDIP Bisa Dengan Parpol Lain
Politik & Pemerintahan

Anang : PKB Dinamis Bisa Koalisi Dengan PDIP Bisa Dengan Parpol Lain

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Koalisi PKB-PDIP dalam Pilkada Jawa Timur dengan mengusung pasangan cagub dan cawagub Gus Ipul dengan Azwar Anas, belum bisa jadi ukuran koalisi tersebut akan dibangun dalam Pilkada Lumajang.

“Prinsip PKB satu visi satu missi. PKB akan menjadi dinamisator. Di PKB itu dinamis. Bukan dengan siapa dan dengan parpol apa akan berkoalisi. Tapi apakah parpol tersebut satu visi dan satu misi dengan PKB. Itu yang substansi”, papar Anang Ahmad Syaifudin, Ketua DPC PKB Lumajang, Selasa, 24 Oktober 2017.

Dijelaskan, tidak ada instruksi khusus dari DPP PKB agar PKB Lumajang berkoalisi dengan PDIP dalam mengusung cabup dan cawabup. Pasalnya, masing-masing kabupaten/kota memiliki karakter yang berbeda dan kearifan lokal sendiri.

“Kita diberikan keleluasaan dan berpikir rasional dalam membangun koalisi dengan parpol. Di Pamekasan misalnya, banyak parpol yang berkoalisi dengan cabup yang diusung PKB karena ada kesamaan visi-missi”, ungkapnya.

Anang saat bersama cabup imcumbent, H. As’at yang digadang-gadang sebagai cabup PDIP.

Pihaknya, kata Anang, bisa berkoalisi dengan Gerindra, Golkar, Hanura, Demokrat, dan parpol lainnya dengan catatan semisi dan sevisi. Ditanya kapan terakhir berkomunikasi dengan PDIP, Anang mengaku belum ada komunikasi. “Belum ada komunikasi dengan PDIP”, tandasnya.

Disinggung soal rumor bahwa Cak Thoriqul Haq mundur sebagai cabup dari PKB, Anang menepisnya.”Saya malah nggak dengar. Betul saya nggak dengar itu. Karena sampai detik ini satu-satunya cabup Lumajang dari PKB masih Cak Thoriq”, ujarnya.

Dia menambahkan, PKB akan terus mengikuti perkembangan perpolitikan yang terjadi saat ini. “Kita memantau, menghitung-hitung, menganalisa secara mendalam untuk bersikap dan bertindak”, imbuhnya. SYAM