!-- Header -->
Hukum

Anggota Polres Jember Menandatangani Pakta Integritas Anti Narkoba

JEMBER – Upaya dalam pemberantasan dan memutus mata rantai peredaran narkoba, Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin, SIK, MH, bersama seluruh pejabat utama dan anggota, melaksanakan ikrar dan penandatanganan Pakta Integritas Anti Narkoba di halaman Mapolres Jember, Kamis (27/5) 2021) pagi.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan pakta integritas, dipimpin Kapolres Jember dan dikuti oleh seluruh anggota Polri dan PNS Polres Jember.

Berikut Ikrar yang dibacakan Kapolres Jember :

Kami selaku anggota Polres Jember dengan penuh kesadaran dan bersungguh-sungguh berkomitmen untuk :

1. Tidak akan pernah dan tidak akan terlibat dalam penyalahgunaan dan/ atau pendistribusian Narkoba

2. Apabila terbukti menyalahgunakan narkoba maka kami siap menerima sanksi berupa siap dimutasi, dipidana dan siap diberhentikan tidak dengan hormat dari kedinasan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

PAKTA INTEGRITAS : Ikrar dan Penandatanganan Pakta Integritas anti Narkoba, di halaman Mapolres Jember, Kamis (27/5) 2021) pagi. RED

Setelah pembacaan Ikrar yang diikuti oleh seluruh personil Polres Jember dilanjutkan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen untuk tidak menyalahgunakan Narkoba oleh perwakilan anggota Polri dan PNS Polres Jember yang sudah ditunjuk.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan instruksi pimpinan Polri dan Kapolda Jawa Timur, bahwa Polri khususnya Polres Jember dalam memberantas peredaran narkoba serta tidak akan terlibat dalam penggunaan maupun peredaran narkoba.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Jember menyampaikan arahan dan beberapa komitmen anti narkoba, salah satu di antaranya jauhi dan hindari penggunaan narkoba dalam bentuk dan jenis apapun.

“Hindari dan jauhi penggunaan narkoba dalam bentuk dan jenis apapun, berantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Jember,” ucapnya.

Selain masalah narkoba, Kapolres Jember menyampaikan beberapa penekanan di antaranya, “Guru yang paling baik adalah pengalaman sedangkan pengalaman tidak harus diri sendiri tapi kita bisa belajar dari orang lain”.

Penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri, sudah diwanti oleh Kapolri dan Kapolda Jawa Timur. “Tak ada toleransi anggota yang terlibat penyalahggunaan narkoba,” tandasnya.

Untuk menghindari perbuatan yang menyimpang dari aturan, Kapolres mengajak seluruh personil untuk selalu bersyukur dan bentuk pengawasan sudah kita pasang di setiap ruangan satfung di pasang CCTV. Bahwa pelanggaran yang dilakukan anggota tidak mutlak salahnya anggota, tetapi juga menjadi tanggung jawab Pimpinan di atasnya. Berarti tidak melakukan pembinaan dan pengawasan anggota di lapangan dengan baik, sehingga terjadi pelanggaran anggota.

“Ketika kita bersyukur maka rejeki akan dilimpahkan dan jika kufur nikmat maka azab Allah sangat pedih. Mari kita wijudkan rasa syukur kita dengan wujud, kita laksanakan Tugas, Wewenang dan tanggung jawab mau diawasi atau tidak diawasi kendalinya pada diri masing- masing,” ujarnya.

Tujuan dari dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam penyalahgunaan narkotika maupun peredarannya serta menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel juga termasuk untuk mewujudkan aparatur yang bertanggung jawab dan bermanfaat.

“Komitmen ini tidak hanya untuk operasional dalam pengungkapan kasus saja namun Komitmen ini juga berlaku untuk lingkungan internal Polres Jember yang wajib bersih dan terbebas dari pengaruh Narkoba,” paparnya.

Ia juga menyebut, komitmen yang diucapkan dan ditandatangani hari ini sebagai peringatan keras bagi seluruh anggota Polres Jember.

“Jikalau ada anggota yang terlibat dan terbukti menyalahgunakan narkoba, tentu akan ditindak secara tegas sesuai prosedur dan Kode Etik Kepolisian,” pungkasnya. Sumber: HMS-POL/RZE

Post Comment