!-- Header -->
Komunitas Lumajang Suara Desa

Atasi Genangan Air di Makam, Warga RW 5 Gelar Kerja Bakti

LUMAJANG – Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan sebagian wilayah desa di Kabupaten Lumajang, tergenang air, termasuk makam di Dusun Trunosari, Desa Klanting, Sukodono.

Ratusan makam itu tergenang air dikarenakan tidak ada drainase yang baik. Wilayah tanah yang lembab juga menyebabkan beberapa makam hancur.

“Genangan di makam ini sudah lama. Sejak awal masuk musim penghujan,” papar Adi Irawan, Ketua RW 5. Karena belum ada tindakan perbaikan dari pemerintah, maka warga Dusun Trunosari bersama Kepala Desa Klanting beserta stafnya, berinisiatif membersihkan dan membuat jalan sederhana untuk aliran air, pada Minggu (1/3) yang lalu.

KERJA BHAKTI : RW 5 Dusun Trunosari Klanting, kerja bhakti. NDY

Masyarakat miris melihatnya. Selain kawasan tersebut sempit juga digenangi air. Karena disitulah nenek/ kakek moyang mereka dimakamkan. Mereka berharap segera ada penanganan agar tidak lagi tergenangi air. Di samping itu juga perlu tindakan pemerintah untuk membuat drainase, serta memberikan bantuan tanah uruk untuk pembuatan makam yang baru di sebelah barat makam tersebut. Mengingat makam yang terdampak banjir sudah penuh, maka diperlukan makam baru atau perluasan kawasan makam.

“Yang pasti kami berharap membuat jalan aliran air. Selain itu, makam di sini kan sudah penuh. Makanya kita juga butuh tanah uruk untuk memperluas kawasan ini hingga di sisi sebelah barat,” ujar Semat, salah satu warga RW 5. NDY

Post Comment