!-- Header -->
Politik & Pemerintahan

Bandar Udara Jember Kembali Akan Melayani Penumpang

LUMAJANG – Tagline Jember Kolaborasi, Sinergi dan Akselerasi dan kerja tim bersama masyarakat, Pemkab, dan stake holder pertumbuhan Jember akan segera bangkit.

Hal itu disampaikan Bupati Hendy setelah melakukan Joint Flight bersama Federasi Aerosport Indonesia (FASI) Minggu, 30 Mei 2021.

“Dulu Jember pernah sukses tahun 1970 dan 1985, untuk memiliki pesawat ini tentunya tidak terlalu sulit untuk masyarakat di Kabupaten Jember”, katanya kepada awak media.

Bupati berharap Bandara Notohadinegoro segera bisa dihidupkan kembali dari tidur panjangnya. Meskipun lama tidak digunakan secara komersil, Badara Notohadinegoro masih sering digunakan untuk mendarat pesawat-pesawat pribadi setiap bulannya.

“In syaa Allah mulai pertengahan Juni 2021 Bandara ini akan mulai lagi melayani penumpang. Kami dari Pemkab mensuport bagaimana agar okupansi bisa tetap naik dan maskapai akan tertarik untuk singgah di Kabupaten Jember”, tukas Bupati.

Tahun 2022, Bupati Hendy berjanji akan memperpanjang runway sehingga bisa melayani rute penerbangan Jember – Jakarta dan Jember-Denpasar.

Menurutnya, Jember sangat membutuhkan beroperasinya kembali Lapter tersebut. Sebab, Jember adalah daerah berkembang yang membutuhkan sarana penerbangan untuk menunjang mobilitas usaha dari dan ke Jember.

Sekda Jember, Mirfano, dalam sambutannya saat menerima Tim Garuda Terbang, di Bandara Notohadinegoro, menyampaikan, setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan Jember butuh penerbangan. Pertama, Jember adalah kota cerutu. Label ini tentu banyak berhubungan dengan ‘orang luar’ karena kebanyakan konsumen cerutu adalah orang manca negara.

Kedua, Jember adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang menghasilkan kedelai edamami. Produk ini orientasinya adalah ekspor. Ketiga, jumlah penduduk Jember menempati rangking ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Sidoarjo.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada moda tranportasi udara, dan ini menjadi pintu gerbang Jember,”  Mirfano. RED

Post Comment