!-- Header -->
Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan Suara Desa

Banjir Di Biting : Membuat Sapi Muda Terendam

LUMAJANG – Hujan deras di wilayah Kabupaten Lumajang mengakibatkan banjir disejumlah daerah yaitu Dusun Biting Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono. Adapun hewan ternak yang ikut terendam banjir milik warga.

Dari kejadian tersebut, Pak Inggi Kuto Renon Fisal Rizal terus melakukan penyisiran disetiap rumah warga yang terendam banjir. Juga melihat situasi dan kondisi rumah warganya.

“Kondisi terkini sudah mulai surut. Cuman ada beberapa titik, dimana air masih mengenang setengah meteran. Yang lain sudah surut, di dalam rumah warga sudah gak ada air, tapi diluar masih ada”, papar Pak Inggi saat di wawancarai oleh Tim Pedomanindonesia.com, Minggu (28/2/2021).

Sejumlah lokasi banjir dan hewan ternak milik warga. Red

Dijelaskan lagi, lebih dari 30 rumah warga yang terendam banjir ketika hujan lebat yang bermula sore hingga malam. Tak ayal, kejadian ini membuat heran warga setempat. Sebab pertama dalam sejarah Desa Kutorenon dilalui banjir, dengan ketinggian rata-rata selutut orang dewasa.

Untuk posko itu sendiri di Balaidesa Kutorenon, tempat pengungsian warga yang terdampak banjir dan hasil dari evakuasi kami bersama tim relawan, juga di posko itu sendiri terdapat Dapur Sehat.

“Kusus posko adanya di Balaidesa, di wilayah terdampak banjir tidak ada posko, cuman ada tempat evakuasi untuk menghindari banjir. Warga yang memiliki rumah lantai dua, kita mintai tolong untuk menjadi tempat evakuasi dan nanti kita jemput lalu dibawa ke posko”, katanya.

Dengan demikan, sejumlah bantuan konsumsi yang di butuhkan untuk wilayah terdampak, sudah disediakan dan siap untuk di bagikan kepada masyarakat.

“Bantuan berupa nasi bungkus dan air mineral, itu berjalan dari pagi siang sore malam dapat lagi, jadi satu hari empat kali” pungkasnya.

Lanjut ke perternakan yang juga ikut terendam banjir. Menurut info yang di dapat saat ini, ada sejumlah hewan ternak milik warga yang ikut arus air tersebut.

“Sapi yang hilang itu ada dua, kisaran umur dua bulan dan empat bulan, untuk induknya tadi sudah ketemu di wonorejo, ujarnya. RED

Post Comment