Advertisement
!-- Header -->
Hiburan Pariwisata

Banyak Kecele Watu Ulo dan Papuma Masih Ditutup

Advertisement

JEMBER – Hingga hari ini (Minggu, 16 Mei 2021), Obyek wisata milik Pemkab Jember Pantai Papuma dan Watu Ulo, masih ditutup. Penutupan kedua obyek wisata pantai itu mengikuti instruksi Bupati Jember dan ditindaklanjuti dalam surat himbauan dari Dinas Pariwisata.

Obyek wisata tersebut ditutup sejak 6 – 17 Mei 2021. Salah satu petugas, Suhariyono, mengatakan, kawasan Watu Ulo ditutup untuk umum selama libur Lebaran.

“Watu Ulo ditutup mulai tanggal sebelas sampai tujuh belas sehingga pengunjung tidak bisa masuk. Tapi, masyarakat sekitar yang melakukan aktivitas lain tetap kami ijinkan,” ujarnya saat ditemui di pos pintu masuk Watu Ulo, Sabtu (15/5/2021) pukul 13.00 WIB.

Menurut Hari, sapaannya, banyak pengunjung yang kecewa dan putar balik. Kalaupun mereka berhenti hanya sekedar menikmati angin laut dan makan di warung-warung kuliner di luar Watu Ulo yang dikelola masyarakat lokal.

Pantauan Pedomanaindonesia.com, di dalam lokasi ada beberapa pedagang yang terlanjur menggelar barang dagangan. Berhubung pengunjung tidak diijinkan masuk, mereka gigit jari karena tidak ada yang membeli. Sebelumnya sudah disosialisasikan ada penutupan kawasan Watu Ulo. Ada beberapa orang di area wisata, ternyata mereka bukan wisatawan.

Hal yang sama terjadi di Pantai Papuma. Pintu masuk obyek wisata alam yang terkenal milik Perhutani itu dijaga oleh beberapa petugas internal.

Senior Duty Manager Wahana Wisata Papuma, Kuwako, mengatakan, penutupan obyek wisata Papuma sesuai instruksi Bupati Jember dan Surat Himbauan Dinas Pariwisata Kabupaten Jember.

“Sesuai surat edaran tadi yang isinya untuk menutup semua lokasi wisata yang ada di Jember mulai 11 sampai 17 Mei 2021,” katanya.

Dia memastikan tidak ada wisatawan yang naik melewati pos penjagaan yang juga dalam operasional sebagai tempat penjualan tiket masuk. “Kalaupun ada itu nelayan. Sebab, di sana ada lokasi mendaratnya nelayan setelah mencari ikan,” ungkapnya.

DITUTUP : Obyek wisata Papuma dan Watu Ulo masih ditutup. RZE

Manajemen Papuma menugaskan kepada 4 pegawai untuk menjaga shift siang dan 2 orang pada malam hari. Menurut Kuwako, pihaknya, sudah mensosialisasikan penutupan sementara itu kepada pada pedagang yang berjualan di area Papuma.

“Ya kalaulah ada satu dua orang yang masih buka itu karena mereka terlanjur kulakan dan masih ada nelayan juga yang beraktivitas,” katanya.

Dari pengamatannya, masih ada pengunjung yang datang tetapi disuruh putar balik. Ia berharap pemerintah lebih masif lagi dalam pemberitaan soal penutupan obyek wisata. “Sebaiknya sudah ada info ataupun pos penjagaan di simpang empat Ambulu sehingga calon wisatawan tidak kecewa,” usul Kuwako.

Ketika sudah dibuka untuk umum, mulai 18 Mei 2021, pihak manajemen Papuma akan menerapkan protokol kesehatan. “Untuk pembukaan nanti kita melakukan prokes yang ketat,” pungkasnya. RZE-RED

Post Comment