!-- Header -->
Besok 10 Calon Komisioner KPU “Adu Kesaktian”
Komunitas Politik & Pemerintahan Probolinggo

Besok 10 Calon Komisioner KPU “Adu Kesaktian”

Advertisement

PEDOMANINDONESIA.COM – Calon anggota KPU zona 7 (Lumajang, Probolinggo Kota, Bondowoso, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi), Jum’at – Minggu (31 Mei – 2 Juni 2019), akan mengikuti tes lanjutan, yakni fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).

Data yang diperoleh PedomanIndonesia.com, rencananya fit and proper test akan dilangsungkan di Hotel Majapahit Surabaya (Jl. Tunjungan No. 56, Genteng Surabaya), pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Dari 20 orang/ peserta yang mengikuti tes kesehatan dan wawancara oleh Timsel, beberapa waktu lalu, tersisa 10 orang. Kesepuluh orang inilah yang berhak dan mendapat panggilan untuk mengikuti tahapan berikutnya, fit and proper test besok.

Yang menarik, khususnya di Lumajang, dari 10 calon angggota Komisioner KPU 5 orang di antaranya pernah dan sedang menjadi Komisioner KPU Lumajang. Rinciannya, tiga orang merupakan calon incumbent dan dua orang lainnya adalah mantan Komisioner KPU Lumajang.

Ketiga calon incumbent yang dimaksud adalah Siti Mudawiyah, M. Ridhol Mujib (Edo), dan Yusuf Adi Pamungkas. Mereka adalah Komisioner KPU Lumajang periode 2014-2019. Sedangkan kedua mantan anggota Komisioner KPU Lumajang yang juga melenggang adalah Yuyun Baharita dan Nur Ismandiana.

Yuyun Baharita dan Nur Ismandiana pernah menjadi Komisioner KPU Lumajang periode 2009 – 2014 dan kini kembali lolos di 10 besar. Sisanya (5 orang) merupakan wajah baru. Mereka antara lain : Hasyim As’yari, Nizar, Nur Kholis, Sohudi, dan Suprapti.

Mereka inilah yang akan “mengadu kesaktian” saat fit and proper test. Sebagaimana surat KPU Provinsi Jawa Timur, tertanggal 29 Mei 2019, 10 calon Komisioner KPU ini harus hadir 30 menit sebelum acara fit and proper test dimulai dengan menunjukkan KTP asli dan kartu tanda peserta kepada petugas.

Siapakah 5 orang dari 10 orang tersebut yang benar-benar “sakti” dan bakal duduk manis di kursi empuk KPU? Tiga calon imcumbent dan dua mantan Komisioner KPU kah? Atau lima orang wajah baru? Atau justeru perpaduan antara ketiganya (orang baru, mantan Komisioner KPU, dan incumbent?).

Yang pasti, dari 10 calon Komisioner KPU tersebut, lima calon harus legowo bila terpental. Pun demikian dengan calon Komisioner KPU Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, dan Kota Probolinggo.

Berikut 10 nama-nama calon Komisioner KPU zona 7, Propinsi Jawa Timur. Silahkan buka  link : Nama-nama Calon KPU Zona-7.(DIN)

Post Comment