!-- Header -->
Bidan Harus Profesional dan Sabar
Politik & Pemerintahan

Bidan Harus Profesional dan Sabar

LUMAJANG – Menjadi pelayan masyarakat di bidang kesehatan, terutama bidan, sangatlah berat. Dibutuhkan keikhlasan serta profesionalisme dalam mengemban tugas tersebut.

Demikian kata Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si (Bunda Indah) di depan para peserta Pendidikan dan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) di Lingkungan Pemerintahan Kab. Lumajang Tahun 2019, bertempat di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Senin (11/11/2019).

Dalam sambutannya, wabup menuturkan, seorang bidan dalam menjalankan profesinya, harus memiliki keahlian yang mumpuni. Selain itu, dibutuhkan kesabaran dalam menghadapi kondisi perubahan hormonal dan psikis dari pasien, yakni ibu hamil.

“Kita harus sabar. Orang kalau dilayani dengan sabar dan senyum, pasti beda hasilnya. Dia akan mengalami psikis yang nyaman,” ujarnya.

Untuk mengurangi tingkat resiko kematian ibu dan bayi, Bunda Indah menghimbau agar seluruh jajaran kesehatan lebih giat dalam memberikan sosialisasi kepada ibu hamil, tentang kesehatan kandungan.

Wabup juga mengapresiasi kinerja dari jajaran kesehatan di Lumajang, yang telah banyak membantu Pemkab Lumajang dalam melayani masyarakat, terutama dalam hal mengubah perilaku, mental, dan budaya masyarakat agar hidup bersih.

“Tugas panjenengan itu berat. Tapi, kalau dilaksanakan dengan ikhlas dan pengabdian tinggi akan ringan. Apalagi, kalau gotong royong sesama profesi,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BKD Akhmad Taufik Hidayat, SH, M.Hum, menerangkan, tujuan  pelatihan adalah memberikan bekal kepada bidan, supaya meningkatkan kompetensi dan tindakan yang harus dilakukan dalam persalinan. Serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan asuhan persalinan normal.

“Sehingga, kualitas dan potensi dapat semakin meningkat, serta dapat terbentuk tenaga persalinan normal yang profesional”, ungkapnya.

Dilaporkannya pula, pelatihan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 11-20 November 2019, diikuti oleh 30 bidan yang bertugas di Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kab. Lumajang, serta menghadirkan narasumber dari P2KP Kab. Lumajang, serta pelatih dan trainer IBI Cab. Lumajang. HMS-RED

Post Comment