Advertisement
!-- Header -->
Ekonomi Lumajang Politik & Pemerintahan

BLT DBHCHT Dibagikan ke Buruh dan Petani Tembakau

LUMAJANG – Ada 1.290 penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau), di wilayah Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Dana yang dikucurkan sebesar Rp1.935.000.000.

BLT DBHCHT ini mulai disalurkan dan dipantau langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq).

“Hari ini kita menyalurkan Rp1,9 Miliar masing-masing mendapatkan 1,5 juta rupiah. Saya langsung memantau pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat petani tembakau dan buruh pabrik tembakau di Kecamatan Tempeh,” ujar Cak Thoriq, Selasa (29/11/2022).

Dijelaskan, proses penyaluran BLT DBHCHT tersebut melalui BNI. Masyarakat langsung dibukakan buku rekening tabungan BNI baru agar tepat jumlah dan tepat sasaran.

“Tadi ada yang mau dibelikan beras, dibelikan sayur, ikan, supaya tetap perputaran uang sekaligus juga penambahan gizi bagi masyarakat. Ini program pemerintah untuk stabilitas inflasi masyarakat mendapat bantuan, daya belinya naik”, terangnya.

Wabup Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) menyampaikan, yang diserahkan 2 tahap. Pagi hari 600 penerima dan siang hari 690 penerima. Ini hanya mengantisipasi membludaknya proses penyerahan BLT DBHCHT.

“Per KK mendapatkan Rp 300 ribu per bulan. Ini selama 5 bulan. Bulan Juli – November 2022”, pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dewi Susianti, memaparkan, ada sekitar 7.043 penerima BLT DBHCHT di Lumajang. Terdiri dari 1.885 penerima dari Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan 5.158 petani tembakau.

“Total ada 7.043 penerima dengan besaran BLT DBHCHT yang disalurkan sebesar 10.564.500.000 rupiah,” tandasnya. RED

Post Comment

  Canva Pro Crack Filmora Pro Crack Spotify Premium Free Download Tradingview Premium Free