!-- Header -->
Advertisement
BPCB Wajib Selamatkan Gedung Eks Kantor Karesidenan Besuki!
Pariwisata Peristiwa

BPCB Wajib Selamatkan Gedung Eks Kantor Karesidenan Besuki!

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Jika semua abai dengan bangunan bersejarah gedung eks Karesidenan Besuki, Jl. Besuki Raya, Situbondo, Jawa Timur, maka tunggulah kehancurannya.Untuk itu, semua pihak harus segera menyelamatkan gedung itu.

“Kita menyayangkan gedung yang punya nilai sejarah ini terlantar. Kalau ambruk eman. Pemerintah harus segera turun tangan menyelamatkan. Menurut saya ini darurat,” tukas Barrun Fauroni, SH, M.Si dari Masyarakat Peduli Cagar budaya Besuki, Situbondo, Minggu (30/7).

Pihaknya, kata Ra Iik, panggilan karibnya,sudah melakukan berbagai langkah agar gedung ini diselamatkan. Langkah-langkah yang dimaksud antara lain, menyurati dan menemui Bupati dan Wabup Situbondo, menemui anggota DPRD, bahkan ke Badan Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

HANCUR : Kondisi bagian belakang gedung eks Kantor Karesidenan Besuki Situbondo, Jatim. Nunggu waktu untuk ambruk. DIN

“Tinggal menunggu langkah mereka ini apa untuk menyelamatkan gedung yang bernilai sejarah ini. Langkah kita sof dulu, lah,” pungkas Halil, Ketua Gurun Syakira (Guyub Rukun Masyarakat Besuki Sejahtera) saat diskusi bersama Gus Iik didampingi Agus Shodu, Irwan R, Mas Galih, dan beberapa yang lain, di poskonya.

Kalau dalam waktu dekat tidak ada respon cepat dari Pemerintah Daerah dan BPCB Jawa Timur, mereka sudah mempersiapkan agenda besar bersama kawan-kawan pegiat dan pelestari sejarah se-Tapal Kuda untuk bergerak bersama-sama.

“Yang penting gedung ini diselamatkan. Itu dulu. Persoalan apakah gedung itu milik pemerintah daerah, milik Polri, atau milik siapapun bukan urusan. Itu nanti, urusan lain. Yang terpenting selamatkan dulu. Kalau tidak bangunan ini keburu hancur. Agar tidak musnah, kita akan bergerak lagi bersama-sama ke bupati, ke dewan, ke BPCB, ke kementerian bahkan presiden RI ,” imbuh Agus Sodu dan Irwan Rackhday lalu diiyakan oleh yang lain.

Para pengurus Gurun Syakira dan Masyarakat Pelestari Cagar Budaya Besuki Situbondo ini, tidak punya niatan lain selain untuk menyelamatkan benda-benda cagar budaya di Kabupaten Situbondo, termasuk gedung Eks Karesidenan Besuki yang kondisinya kini rusak berat. DIN