!-- Header -->
Pendidikan dan Agama Peristiwa

Budidaya Lalat BSF Atasi Dampak Sampah Organik

MAGETAN-Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. DR. Ir. Arif Sabdo Yuwono menjelaskan, untuk mengurangi dampak negatif dari penumpukan sampah di Magetan, bisa diatasi dengan mengembangbiakkan lalat jenis BSF (Black Soldier Fly).

Hal itu disampaikannya, saat Pelatihan Budidaya Maggot dan Pengolahannya Bersama IPB, bertempat di Ruang Rapat Ki Mageti Setdakab Magetan, Sabtu (17/09/22)

Menurut Profesor pakar di bidang Enverinmental Engineering (rekayasa lingkungan) IPB itu, Black Soldier Fly (BSF) adalah jenis lalat yang berguna untuk mengurangi dampak negatif dari penumpukan limbah organik. Ukuran lalat tersebut lebih besar dari lalat biasa.

Pengembangbiakan BSF ini, telah diinisiasi dan dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Arief Sabdo Yuwono, M.Sc., dalam beberapa waktu terakhir.

Arief menjelaskan, budidaya BSF ini memiliki manfaat yang baik untuk pengelolaan sampah organik dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, pengelolaan sampah tersebut bisa dilakukan di mana saja, dengan cara memilah-milah jenis sampah dan ditempatkan dalam wadah-wadah yang sesuai.

Hadirnya ide budidaya BSF ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif juga solusi untuk menangani permasalahan sampah yang ada di Magetan.

Sehubungan dengan itu partisipasi masyarakat untuk belajar dan juga mengadaptasi menjadi penting, supaya apa yang kini tengah diupayakan oleh pemerintah dapat berjalan efektif dan efisien, juga mendatangkan hasil yang optimal.(Ddn// Sumber: Diskominfo Kabupaten Magetan)

Post Comment