!-- Header -->
Lumajang Pendidikan dan Agama Peristiwa Politik & Pemerintahan

Bukasan Hadiri Lalaran

Advertisement

LUMAJANG – H.Bukasan, S. Pd, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah), jajaran Forkopimda Lumajang, dan Ketua PCNU Kabupaten Lumajang, menghadiri acara Lalaran Kolosal Nadhom Aqidatul Awam, di Sport Park Alun-alun Lumajang, Minggu (30/10/2022).

“Kegiatan lalaran kolosal nadhom ini menjadi motivasi diri kita dalam menuntut ilmu, jangan ilmu agama saja yang diperdalam, tapi ilmu pengetahuan lain juga harus dikuasai oleh para santri karena di tangan generasi muda kalian para santri masa depan Indonesia menjadi bangsa yang berdaya saing tinggi,” tutur Bunda Indah.

Bunda Indah berpesan agar santri mampu menjadi teladan serta menjaga martabat santri dan pondok pesantren.

“Santri harus menjadi teladan bagi generasi muda. Kalian sudah benar menjadi santri. Belajar agama di tempat yang tepat. Bahwa di banyak tempat ada wilayah yang rawan narkoba. Ini tanggung jawab kita semua. Tanggung jawab santri untuk tidak dekat-dekat dengan narkoba,” tuturnya.

Ada sekitar 7 ribu santri dari 21 kecamatan se-Kabupaten Lumajang membacakan Nadhom Aqidatul Awam. Aqidatul Awam adalah salah satu nadhom kitab yang populer.

Sesuai dengan namanya, Aqidatul Awam berarti aqidah untuk orang-orang awam-yang kitab ini diperuntukkan bagi para umat Islam dalam mengenal ilmu tauhid lebih dalam. Kitab ini diciptakan oleh Syeikh Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Hasani.

“Kegiatan ini sebagai wahana silaturahmi, juga budaya hafalan bait-bait nadhom, melalui lalaran ini tujuannya para santri tidak terpapar paham-paham di luar ahlussunnah wal jamaah. Semoga tetap terpatri di dalam sanubari para santri, hingga kelak sampai akhir hayat dapat mempertahankan ahlussunnah wal jamaah,” kata ketua PCNU Kabupaten Lumajang, KH. Jamaluddin. RED

Post Comment