!-- Header -->
Lumajang Pendidikan dan Agama

Bundah Indah : Kita Siap Bantu Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

LUMAJANG –  Sejumlah rangkaian kegiatan diadakan oleh Forum Zakat (FOZ) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Salah satunya adalah pemberian santunan dan do’a bersama 1.000 anak yatim dan kaum dhuafa, di Pendopo Kabupaten Lumajang, Minggu, 15 Nopember 2020.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si dan Adim Hasyim Hayyu Hadi Purwanto, Ketua Panitia Pelaksana FOZ.

Adim mengatakan, santunan diberikan kepada mereka berupa apa uang tunai dan sembako. “Jumlahnya Rp. 250 ribu, dengan  rincian Rp. 150 ribu paket sembako dan Rp. 100 ribu uang tunai. Itu yang diterima oleh adik-adik”, ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskan, uang santunan ini diperoleh dari BAZNAS sebesar Rp. 100 juta, sementara dari FOZ (para donatur nya) Rp 150 juta. Ini merupakan agenda rutin tahunan FOZ dan BAZNAS Kabupaten Lumajang.

Acara tersebut secara simbolis dihadiri 50 anak dari keseluruhan penerima 1.000 anak. Karena hal ini terkait dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah Lumajang.

Perlu diketahui, kegiatan ini merupakan kerjasama BAZNAS dan  FOZ. FOZ sendiri terdiri dari 7 lembaga badan amil zakat yakni BMSI, LazisMU, NU Care LazisNU, Yatim Mandiri, Saku Yatim, BMH, dan YDSF.

Dalam sambutannya, Bunda Indah,Wakil Bupati Lumajang, mengatakan, melalui do’a bersama anak yatim, berharap Indonesia diselamatkan dari segala bentuk bencana, persatuan dan kesatuan Indonesia semakin kokoh, guyub rukun, saling menghormati, dan saling menghargai.

“Logikanya gini. Di dunia ini atau lebih kecilnya di negara Indonesia atau lebih sepesifik lagi di Lumajang, tidak boleh satupun anak anak yatim terlantar. Karena, negara melalui UUD sudah dijamin hak-hak rakyat. Kalau sampai ada anak yatim yang terlantar, maka yang berdosa pertama adalah pemimpinnya, Cak Toriq dan saya yang diminta bertanggung jawab”, ujarnya.

FOZ BERI SANTUNAN : Bersama Wabup Indah, FOZ saat memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa. RED

Kalau ada anak yatim yang terlantar, Bunda Indah meminta segera menghubungi Bupati,  Wakil Bupati, atau lembaga amal zakat. “Kita  bersatu padu untuk membantu para anak yatim dan kaum dhuafa”, paparnya.

Tahun ini adalah tahun kedua, dimana pemerintah daerah memberikan beasiswa untuk anak – anak Lumajang yang pintar, yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia dari keluarga tidak mampu.

“Dan kami menyiapkan untuk anak-anak yang hafal al-qur’an dari keluarga yang terbatas dan tidak mampu. Untuk anak-anak yang hafal al-qur’an dari keluarga tidak mampu langsung tanpa proses”, ujarnya.

Ada delapan anak yatim yang hafal al-quran dapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.

“Diberikan beasiswa sampai lulus kuliah. Di tahun ini kita mengeluarkan 200 anak yatim. Kita jamin sampai empat tahun ke depan”, paparnya.

Hari ini secara simbolis penyerahan beasiswa untuk dua orang mahasiswa STKIP Muhammdiyah dan Syarifudin.

“Ayo kita semangat bergerak bersama sama untuk membantu anak yatim dan kaum dhuafa. Mudah-mudahan acara ini semakin memotivasi masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk bersama-sama membantu mereka”, tuturnya.

Bunda Indah juga menyampaikan anak-anak yang hadir di Pendopo kali ini, tidak perlu khawatir tidak bisa sekolah. Tidak perlu khawatir tidak bisa kuliah.

“Karena kami  semua akan hadir untuk anak-anak pinter, anak-anak yatim, anak-anak kaum dhuafa yang pinter kami akan turun tangan untuk membantu. Maka tugas kalian adalah belajar dan belajar. Belajarnya, sholatnya, jangan terlambat dan mengaji”, pungkasnya berpesan. RED

Post Comment