!-- Header -->
Ekonomi Pariwisata

Bupati Ingin Sektor Ekonomi Tumbuh 4,4 Persen

Advertisement

PONOROGO—Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menargetkan sektor ekonomi 2022 mendatang bisa tumbuh sebesar 4,4 persen dibanding tahun 2021. UMKM dan pariwisata menjadi dua sektor andalan pendorong pertumbuhan yang didukung dengan penguatan infrastruktur jalan di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo.

Demikian disampaikan Bupati seusai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Ponorogo yang digelar secara hibrid di Gedung Sasana Praja, Kamis (17/03/22).

“Ekonomi kita pasti lebih meningkat sebab tahun 2021 saja, kita sudah tumbuh hingga 3,19 persen dari sebelumnya (2020) kita terkontraksi ( tumbuh negatif/turun) 0,9 persen,” ungkapnya.

Dalam paparannya, Bupati Sugiri menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Ponorogo diproyeksinya tumbuh 4,4 persen di tahun 2022 dan menjadi 5,30 persen di tahun 2023 mendatang. “Ini bukan perhitungan kasar, tetapi sudah dihitung dengan rumus yang mempertimbangkan berbagai hal,” jelasnya.

Menurut Kang Giri, sapaan akrab Bupati Sugiri Sancoko, pertumbuhan ini dipastikan terjadi ketika program-program di 2022 ini berjalan dengan baik. Program itu diantaranya Circle P (Circle Ponorogo) yang merupakan program pengembangan UMKM di Ponorogo, program PKK Hebat dan sejumlah program lain yang menunjang pergerakan ekonomi masyarakat.

Pariwisata juga akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan pada 2022 hingga 2023 mendatang. Karenanya, pembangunan insfrastruktur dasar pariwisata yang terus digenjot. Hal ini menjadi upaya agar terjadi peningkatan kunjungan wisata yang cukup besar ke Ponorogo.

Ada dua pemikat utama wisata di Kabupaten Ponorogo yang sedang disiapkan, yaitu Waterfountain di Telaga Wisata Ngebel dan Museum Peradaban di Gunung Gamping Sampung.

Pembangunan jalan sebagai infrastruktur utama juga akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. “Itu (pembangunan jalan) tidak bisa dipisahkan, karena kita butuh transportasi untuk berusaha, mendukung wisata dan sebagainya.

“Semuanya berjalan paralel. Mudah-mudahan terwujud dan terukur apa yang kami rencanakan ini,” pungkasnya.(Ddn// Sumber Diskominfo)

Post Comment