!-- Header -->
Ekonomi Komunitas

Bupati Jember : Wis Wayahe UMKM Naik Kelas

Advertisement

JEMBAR – UKM IKM Nusantara (UIN) Cabang Jember, mengadakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember dengan UKM IKM Nusantara Cabang Jember, di Hotel Aston Jember, Jum’at (16/4/2021). Hadir dalam acara tersebut Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto. Mereka berusaha mencari solusi alternatif dengan menghadirkan wacana konstruktif, bersinergi untuk menguatkan data base UKM serta meningkatkan perekonomian lokal Jember. Mengingat, berdasarkan survei BPS Jawa Timur 2018, Kabupaten Jember menjadi kota UKM terbesar nomer 1 di Jawa Timur (jumlah UKM nya mencapai 647.416).

“Di samping ingin menguatkan data base UKM kami juga ingin meningkatkan perekonomian lokal Jember”, kata Ketua UIN Jember, Rendra Wirawan, SE. Sementara itu, Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, dalam sambutannya, menyampaikan, Pemkab Jember akan mendukung sepenuhnya kegiatan UKM Jember yang dipelopori UKM IKM Nusantara Jember. Bahkan kedepan akan dibuat peraturan bupati (perbup) terkait pengembangan produk lokal Jember.  Menariknya, Bupati Hendy berkomitmen memberi tempat khusus sebagai icon Jember kepada UKMI IKM Nusantara (UIN) Jember agar produk-produknya bisa lebih dikenal secara nasional, bahkan internasional.

Wes wayahe (sudah saatnya, Red) UMKM naik kelas”, ujarnya. Sementera itu, Kepala BPJS Tenaga Kerja, Edi, saat memberikan sambutan, mengaku senang dan memberi apresiasi kepada Bupati Jember karena berkenan hadir pada acara ini. “Ini Bupatinya UKM Jember”, ujar Edi, panggilan karibnya. Disampaikan, BPJS Tenaga Kerja akan selalu mensuport kegiatan UKM. “Karena, berdasarkan UU dan peraturannya kami akan selalu melayani masyarakat khususnya yang berkaitan tenaga kerja”, ungkapnya. Dengan jumlah data UKM Jember terbesar di Jawa Timur, maka kedepan perlu pendataan data UKM lebih rinci lagi. Sehingga kinerja UKM terukur dalam pelaksanaanya.

UIN Jember : Acara UKM IKM Nusantara bersama BPJS Ketenagakerjaan Jember. RED

Kepala BPJS juga memberikan apresiasi kepada UKM IKM Nusantara Jember yang masih eksis dan mampu berbuat untuk menguatkan UKM di era pandemi sekarang. “Semoga setelah acara ini, BPJS akan selalu mendampingi para UKM untuk proteksi keamanan tenaga kerjanya,” paparnya. Di tempat yang sama, Rendra Wirawan, mengatakan, hari ini merupakan peluang yang sangat besar untuk kembali memulihkan keadaan yang sempat digerogoti oleh virus covid-19, terutama dalam sektor perekonomian.

“Kita harus bisa membangun mindset atau pola pikir masyarakat Jember untuk lebih progresif dan dinamis dalam membangun perekonomian UMKM di era pandemi sekarang. UKM Jember harus bisa memaksimalkan wadah ini. Apalagi ada dukungan penuh dari Bupati Jember dan BPJS Tenaga Kerja. Sehingga, dengan kolaborasi ini muncul probabilitas bahwa UKM Jember akan lebih baik lagi. UKM Jember akan naik kelas lagi”, tuturnya.

Pengusaha Muda ini menyarankan Pemkab Jember wajib memiliki data base riil UKM. Apalagi jumlah UKM nya iterbesar se-Jawa Timur. Di era serba IT sekarang diperlukan aplikasi khusus UKM yang bisa dikolaborasikan dengan semua pihak, agar pembinaan UKM lebih terukur, terarah dan UKM mampu mengurangi kemiskinan dan penganguran di Jember sesuai program bupati.

Acara yang berlangsung meriah ini, dihadiri ratusan anggota UKM IKM Nusantara. Terlihat Bupati Hendy kewalahan dikerumuni peserta dan emak-emak yang ingin berselfie bersama.
Selain bupati hadir pula Wakapolres, OJK, BPSK (Badam Penyelesaian Sengketa Konsumen), Dinas Tenaga keja, Dinkop UKM, HIPMI, TDA (Tangan Di Atas), PERTANSIA, Niaga Jujur, dan beberapa lembaga lainnya.

UIN Jember : Acara UKM IKM Nusantara bersama BPJS  Ketenagakerjaan Jember, dihadiri Bupati Jember. RED

Tema yang diusung “Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember dengan UKM IKM Nusantara Cabang Jember”. Acara tersebut juga diisi dengan penyerahan Kartu Peserta BP Jamsostek dan Sosialisasi Program Kerja BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab dengan peserta yang hadir. RED

Post Comment