Advertisement
!-- Header -->
Lumajang Peristiwa

Bupati Upayakan Percepat Penempatan Hunian Relokasi

LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten Lumajang akan mengupayakan warga terdampak erupsi yang belum mendapatkan hunian relokasi segera menempati di Bumi Semeru Damai, Sumbermujur. Hal itu disampaikannya saat berdialog dengan pengungsi di SDN Supiturang 04, Selasa (06/12/2022).

“Kamis akan rapat untuk membahas supaya yang belum dapat hunian relokasi supaya cepat menempati,” ungkapnya.

Dari data BPBD Lumajang, masih ada sekitar 103 KK di Sumbersari Supiturang yang belum mendapatkan hunian relokasi. Ia akan mengusahan agar ada percepatan sehingga pengungsi dapat segera menempati hunian yang lebih layak.

“Tetapi yang harus dipahami yang pecah KK sebelum erupsi tidak semua dapat, yang dapat adalah KK induk pertama kali sebelum erupsi ada, jadi kalau misalkan bapaknya sudah dapat anaknya pecah kk nanti tidak dapat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Cak Thoriq juga menegaskan bahwa tempat relokasi di BSD Sumbermujur merupakan zona hijau sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam peta Kawasan Rawan Bencana

“Di Sumbermujur ini aman, tidak termasuk di turunannya APG, jadi kalau ada erupsi ataupun lava, jalurnya tidak ke Sumbermujur. Kalau ada yang berpikiran Sumbermujur tidak aman itu salah,” tegasnya. RED

Post Comment

  Canva Pro Crack Filmora Pro Crack Spotify Premium Free Download Tradingview Premium Free